alexa snippet

Markas Pasukan Khusus Afghanistan Diserang, 2 Warga AS Tewas

Markas Pasukan Khusus Afghanistan Diserang, 2 Warga AS Tewas
Dua warga AS, salah satunya tentara, tewas dalam serangan di markas pasukan khusus Afghanistan di dekat Kabul. Foto/Ilustrasi/REUTERS/Omar Sobhani
A+ A-
KABUL - Dua warga Amerika Serikat (AS), salah satunnya tentara, tewas dalam serangan di sebuah markas pasukan khusus Afghanistan di dekat Kabul. Demikian konfirmasi militer AS pada Rabu (19/10/2016) tanpa merinci waktu serangan tersebut.

Selain dua warga AS tewas, serangan itu juga menyebabkan tiga warga AS lainnya cedera. Seorang penyerang tak dikenal juga tewas.

”Dua orang tewas dalam serangan di dekat pangkalan koalisi oleh penyerang tak dikenal, yang kemudian terbunuh. Mereka sedang melakukan tugas sebagai bagian dari misi NATO untuk melatih, menasihati, dan membantu layanan keamanan Afghanistan,” bunyi pernyataan yang dirilis militer AS di Afghanistan.

“Sebuah penyelidikan dilakukan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya dari serangan tersebut. Salah satu anggota layanan AS dan dua warga sipil AS juga menderita luka dan saat ini stabil,” lanjut pernyataan militer AS, yang dikutip dari ABC News, Kamis (20/10/2016).

Dawlat Waziri, juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan, mengatakan kepada ABC News bahwa penembakan terjadi selama “serangan insider” atau dikenal sebagai serangan “Green on Blue”. Menurut Waziri, penyerang mengenakan seragam Tentara Nasional Afghanistan dan tewas dalam baku tembak.

Menurut Waziri, serangan itu terjadi di pusat pelatihan pasukan khusus Afghanistan di Rishkor, dekat Kabul. ”Kapan saja kami kehilangan anggota dari tim kami, itu sangat menyakitkan,” kata Jenderal John W. Nicholson, Komandan Pasukan AS-Afghanistan.

“Simpati kami pergi tertuju pada keluarga, orang yang dicintai, dan unit mereka yang terlibat dalam insiden ini,” lanjut Nicholson.



(mas)
dibaca 8.430x
loading gif
Top