AS Ingin Sebar Rudal THAAD di Korsel, China Sumpah Ambil Tindakan

Sabtu, 01 Oktober 2016 - 12:47 WIB
AS Ingin Sebar Rudal THAAD di Korsel, China Sumpah Ambil Tindakan
AS Ingin Sebar Rudal THAAD di Korsel, China Sumpah Ambil Tindakan
A A A
BEIJING - Pemerintah China kembali memprotes rencana Amerika Serikat (AS) menyebarkan sistem rudal pertahanan Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Korea Selatan (Korsel). China bersumpah mengambil tindakan setelah Korsel memutuskan akan menempatkan rudal pertahanan THAAD di lapangan golf.

China menegaskan, tindakan akan diambil Beijing demi menjaga keseimbangan kekuatan strategis di wilayah tersebut. Pernyataan itu disampaikan kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang.

“Penyebaran THAAD bukan cara membantu mengatasi kekhawatiran keamanan pihak-pihak terkait untuk mewujudkan denuklirisasi di Semenanjung Korea dan menjaga perdamaian serta stabilitas di Semenanjung (Korea),” kata Shuang. Korsel beradalih THAAD disebar untuk menangkis serangan rudal Korea Utara (Korut) yang setiap saat bisa terjadi.

Menurutnya, penyebaran sistem rudal pertahanan canggih Amerika itu akan sangat merusak kepentingan keamanan strategis China. ”China tegas menentang dan akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membela kepentingan keamanan nasional dan keseimbangan strategis regional,” ujarnya, seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (1/10/2016).

“Kami mendesak AS dan ROK (Republik Korea) untuk menghabiskan lebih banyak upaya pada penegakan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung (Korea), menganggap serius keprihatinan yang sah dari China dan negara-negara regional lainnya, dan segera menghentikan proses penyebaran (THAAD),” kata Shuang memperingatkan.

Baca:
Korsel Bakal Sebar Rudal THAAD AS di Lapangan Golf


Pada hari Jumat kemarin, Korsel memutuskan lokasi penempatan sistem rudal pertahanan THAAD berada di lapangan golf milik konglomerat Lotte Group. Lapangan golf ini terletak 680 meter di atas permukaan laut dan agak terisolasi dari daerah pemukiman warga sipil.

Lokasi itu dipilih setelah pejabat pertahanan Amerika dan Korsel menghabiskan waktu sebulan untuk menganalisis daerah yang potensial untuk penyebaranTHAAD. Seoul ingin menyelesaikan instalasi itu pada 2017.

”Kami telah melakukan evaluasi simulasi berdasarkan tiga lokasi alternatif di Seongju. Hasil tes menunjukkan Lotte Skyhill Country Club adalah yang paling optimal untuk situs THAAD dalam hal enam prinsip,” kata Moon Sang-gyun, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Korsel kepada kantor berita Yonhap.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5318 seconds (0.1#10.140)