Serangan AS Terhadap Pasukan Suriah Langgar Hukum Internasional

Minggu, 18 September 2016 - 15:58 WIB
Serangan AS Terhadap Pasukan Suriah Langgar Hukum Internasional
Serangan AS Terhadap Pasukan Suriah Langgar Hukum Internasional
A A A
NEW YORK - Serangan yang dilancarkan oleh Amerika Serikat (AS) terhadap pasukan Suriah telah melanggar hukum internasional. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin.
"Serangan ini adalah sebuah pelanggaran terhadap hukum internasional, dan sulit untuk percaya bahwa ini adalah sebuah kesalahan," kata Churkin dalam sebuah pernyataan paska pertemuan darurat di Dewan Keamanan (DK) PBB.
Dia bertanya-tanya mengapa AS tiba-tiba dan tanpa peringatan melancarkan serangan terhadap Deir Ezzor, dan mengapa belum meluncurkan serangan seperti itu sebelumnya, yang menunjukkan bahwa serangan datang dalam rangka mendukung kelompok bersenjata.
Churkin, seperti dilansir SANA pada Minggu (18/9), juga mengatakan serangan itu bukan hanya melanggar hukum internasional, tapi juga membahayakan kesepakatan gencatan senjata yang dicapai pekan lalu.
Dalam pertemuan itu sendiri, Churkin diketahui melakukan aksi walk out. Churkin mengatakan, pertemuan yang diniisiasi oleh pihaknya tampaknya sudah telah sepenuhnya diatur oleh AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2983 seconds (0.1#10.140)