Rusia Klaim Tewaskan Pemimpin Senior ISIS

Kamis, 01 September 2016 - 01:49 WIB
Rusia Klaim Tewaskan Pemimpin Senior ISIS
Rusia Klaim Tewaskan Pemimpin Senior ISIS
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan berhasil menewaskan Abu Muhammad al-Adnani al-Shami, seorang pemimpin senior dan juru bicara resmi ISIS. Rusia menyatakan Adnani tewas dalam serangan udara di provinsi Aleppo Suriah.

"Berdasarkan beberapa saluran intelijen, al-Adnani tewas dalam serangan udara oleh pesawat tempur Su-34 Rusia pada hari Selasa, di mana setidaknya 40 teroris juga tewas," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari Xinhua, Kamis (1/9/2016).

"Abu Muhammad al-Adnani dianggap pemimpin nomor dua di ISIS setelah Abu Bakr al-Baghdadi, dan terkenal karena panggilannya untuk serangan teroris di Eropa Barat dan Amerika Serikat," tambah pernyataan itu.

Namun, pernyataan ini diragukan kebenarannya oleh Amerika Serikat (AS). Seorang pejabat pertahanan AS bahkan mengatakan klaim ini sebagai lelucon. Sedangkan pihak Gedung Putih mengaku tidak mempunyai bukti serangan udara Rusia menewaskan Adnani.

Baca juga:
AS Ragukan Klaim Rusia Tewaskan Pentolan ISIS


Sebelumnya, ISIS mengatakan bahwa Adnani tewas dalam serangan udara koalisi pimpinan AS di provinsi Aleppo. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Pentagon, Peter Cook dalam sebuah pernyataan menuturkan, pihaknya telah mendengar laporan itu. Tapi, sampai saat ini mereka belum bisa mengklarifikasi kebenaran akan laporan tersebut.

Baca juga:
Serangan Udara AS Tewaskan Dedengkot ISIS
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3960 seconds (0.1#10.140)