Verifikasi Belum Selesai, Calhaj RI di Filipina Belum Bisa Dipulangkan

Kamis, 25 Agustus 2016 - 21:35 WIB
Verifikasi Belum Selesai, Calhaj RI di Filipina Belum Bisa Dipulangkan
Verifikasi Belum Selesai, Calhaj RI di Filipina Belum Bisa Dipulangkan
A A A
JAKARTA - Seratus tujuh puluh tujuh calon jemaah Haji asal Indonesia yang tersandung masalah di Filipina masih belum bisa dipulangkan. Hal ini dikarenakan verifikasi terhadap 177 calon haji tersebut belum selesai.

"Soal haji, hingga saat ini upaya verifikasi terhadap mereka masih dilakukan. Sebelum ini selesai, kita belum bisa memulangkan mereka," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir pada Kamis (25/8).

Arrmanantha mengatakan, satu hal yang bisa dilakukan adalah meminta pemerintah Filipina untuk meindahkan ke-177 calon jamaah haji tersebut ke Kedutaan Besar Indonesia di Manila. Permintaan itu sudah disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia kepada Menteri Laur Negeri Filipina.

"Di imigrasi sana tempatnya tidak terlalu luas. Kita harapkan, satu atau dua hari ke depan bisa mendapat jawaban dari pemerintah Filipina mengenai hal ini," sambung diplomat yang kerap disapa Tata tersebut.

Sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi menuturkan, baru 144 dari 177 calon jemaah haji asal Indonesia yang sudah berhasil diverifikasi. Verifikasi ini dilakukan dengan mencocokan data diri calon jamaah haji itu dengan data yang berada di Sistem Management Informasi Keimigrasian (SIMKIM).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3096 seconds (0.1#10.140)