KJRI New York Kemalingan, Kemlu: Polisi AS Sedang Investigasi

Rabu, 24 Agustus 2016 - 00:54 WIB
KJRI New York Kemalingan, Kemlu: Polisi AS Sedang Investigasi
KJRI New York Kemalingan, Kemlu: Polisi AS Sedang Investigasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia menyatakan bahwa polisi Amerika Serikat (AS) sedang melakukan investigasi perihal aksi pencurian di kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York. Pasangan pencuri membawa lari mobil diplomatik dan benda-benda berharga.

Pencurian terjadi pada Senin (22/8/2016), pukul 01.05 waktu setempat. “Wajah kedua orang tersebut tertangkap CCTV KJRI dan sudah dilaporkan kepada polisi,” kata juru bicara Kemlu, Arrmanatha Christiawan Nasir, semalam.

“Saat ini pihak kepolisian dalam tahap investigasi terhadap kejadian tersebut,” ujarnya.“Barang yang diambil antara lain satu kendaraan dinas yang parkir di depan kantor, satu tablet, dan koper kecil yang semuanya berada di sekitar ruang resepsionis.”

Baca:
Sepasang Pencuri Serbu KJRI New York, Mobil Diplomatik Raib


Menurut Arrmantha, pihak asuransi akan mengganti kendaraan yang hilang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Konsul Jenderal Indonesia di New York, Benny YP Siahaan, merasa terganggu dengan aksi pencurian tersebut.

“Kami sangat terganggu dengan situasi ini. Kami berharap New York City adalah tempat yang aman. Saya sangat terkejut. Ini adalah tahun ketiga saya di sini, dan belum pernah terjadi seperti ini,” ujarnya.

Pasangan pencuri diperkirakan berusia 20-an tahun. Menurut rekaman video pengintai, mereka menyelinap ke kantor konsulat melalui pintu samping. Rekaman itu menunjukkan mereka merencanakan ulang aksinya karena mereka masih mencari-cari barang berharga di lokasi.

”Mereka melihat sekeliling dan membuka laci,” ujar Benny. “Kemudian mereka menemukan kunci.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3789 seconds (0.1#10.140)