alexa snippet

Krisis, Presiden Venezuela Habiskan USD400 Ribu Rayakan Ultah Castro

Krisis, Presiden Venezuela Habiskan USD400 Ribu Rayakan Ultah Castro
Presiden Venezuela, Nicolas Maduro. | (Istimewa)
A+ A-
CARACAS - Presiden Venezuela dituding telah menghabiskan uang sebesar USD400 ribu untuk merayakan ulang tahun (ultah) pemimpin Kuba Fidel Castro. Uang sebut dihabiskan ditengah krisis kelaparan yang melanda negaranya.

Nicolas Maduro diduga menghabiskan sejumlah uang dengan tebang ke Havana bersama rombongan penyanyi folk untuk mengisi konser dalam rangka menghormati mantan pemimpin Kuba itu.

"Maduro menggunakan pesawat kepresidenan, yang membutuhkan dana sekitar USD25 ribu untuk beroperasi per jam. Perjalanan ke Kuba memakan waktu dua jam lamanya sehingga ia menghabiskan sekitar USD100 ribu untuk pergi dan kembali," kata politisi kelompok opsisi Carlos Berrizbeitia.

"USD185 ribu harus digunakan untuk itu dan membayar hotel dan makanan. Sisa uang itu dihabiskan untuk transmisi satelit dari konser dan untuk membayar para seniman dan teknisi," terangnya seperti dikutip dari Telegraph, Senin (22/8/2016).

Sebagai akibat krisis ekonomi yang menghantam Venezuela, ribuan rakyat Venezuela telah dipaksa menyeberangi perbatasan ke negara tetangga Kolombia untuk membeli makanan dan barang-barang penting lainnya. Kekurangan makanan telah menjadi begitu mencolok, telah terjadi wabah kerusuhan penjarahan dan makanan mengakibatkan penangkapan 400 orang.

Venezuela sejatinya adalah negeri yang kaya namun ekonomi dinegara itu ambruk seiring jatuhnya harga minyak dunia. Para pengamat menilai krisis terjadi karena salah urus ekonomi namun Presiden Maduro menilai krisis terjadi disebabkan oleh musuk-musuh politiknya.



(ian)
dibaca 8.578x
loading gif
Top