Irak Gantung 36 Pengikut ISIS Pelaku Pembantaian di Tikrit

Senin, 22 Agustus 2016 - 00:05 WIB
Irak Gantung 36 Pengikut ISIS Pelaku Pembantaian di Tikrit
Irak Gantung 36 Pengikut ISIS Pelaku Pembantaian di Tikrit
A A A
BAGHDAD - Irak mengeksekusi 36 orang yang dihukum karena turut ambil bagian dalam pembantaian ratusan tentara pada 2014 lalu di Tikrit. Demikian pernyataan sejumlah pejabat di Irak.

Menurut gubernur provinsi Yahya al-Nasiri, para pelaku digantung di penjara Nasiriyah di Irak selatan. Pernyataan ini dibenarkan oleh seorang pejabat Kementerian Kehakiman, yang berbicara dengan syarat anonim seperti dikutip dari CBS News, Senin (21/8/2016).

Namun, eksekusi ini mendapat kritikan dari Kepala Dewan Provinsi Salahudi dimana Tikrit adalah ibukota provinsi itu. Menurutnya, beberapa pria yang dieksekusi telah disiksa agar mengaku.

"Beberapa dari mereka bahkan tidak ada di tempat kejadian. Kami mendukung hukuman mati bagi mereka yang melakukan kejahatan, tetapi penggunaan kekerasan dan penyiksaan di penjara Irak harus diselidiki," kata Ahmed al-Karim.

Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi telah berusaha untuk melacak lokasi eksekusi hukuman mati ini setelah serangkaian pemboman besar-besaran di dan sekitar Baghdad dalam beberapa bulan terakhir.

PBB juga mengkritik kebijakan ini dengan mengatakan lemahnya sistem peradilan di Irak membuat hukuman yang dijatuhkan secara tegesa-gesa akan menyebabkan ketidakadilan yang lebih besar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3333 seconds (0.1#10.140)