Pasukan Khusus AS Bantu Libya Perangi ISIS di Sirte

Rabu, 10 Agustus 2016 - 16:24 WIB
Pasukan Khusus AS Bantu Libya Perangi ISIS di Sirte
Pasukan Khusus AS Bantu Libya Perangi ISIS di Sirte
A A A
WASHINGTON - Pasukan operasi khusus Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya mulai memberikan bantuan langsung kepada pasukan Libya yang berjuang memerangi ISIS di Sirte, basis utama kelompok ekstrimis itu. Pasukan itu bekerja sesuai arahan dari pusat komando operasi bersama di pinggiran Sirte.

Seperti dilaporkan The Washington Post, pasukan AS yang beroperasi bersama dengan tentara Inggris akan membantu untuk mengkoordinasikan serangan udara AS dan memberikan laporan intelijen kepada pasukan sekutunya.

Terkait hal ini, Pentagon memberikan komentar yang tidak spesifik meski sebelumnya mengakui tim kecil AS membantu mengumpulkan data intelijen di Libya. "AS memberikan kemampuan yang unik terutama intelijen, pengawasan dan pengintaian (ISR) dan serangan presisi yang akan membantu mengaktifkan blok GNA untuk membuat keputusan, kemajuan strategis," kata juru bicara Pentagon Henrietta Levin.

"Sejumlah kecil pasukan AS telah masuk dan keluar dari Libya untuk bertukar informasi dengan kekuatan lokal dan mereka akan terus melakukannya seperti yang kita lakukan untuk memperkuat perang melawan ISIS dan organisasi teroris lainnya," sambungnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (10/8/2016).

Libya jatuh ke dalam kekacauan pasca pemberontakan yang berujung pada penggulingan dan tewasnya penguasa negara itu Moammar Gaddafi pada Oktober 2011. Perang saudara diantara kelompok bersenjata menciptakan dua pemerintahan yang berlomba-lomba berkuasa untuk mengendalikan sumber daya energi yang luas.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3994 seconds (0.1#10.140)