Redakan Ketegangan, Petinggi Korut Kunjungi Beijing

Selasa, 31 Mei 2016 - 16:48 WIB
Redakan Ketegangan, Petinggi Korut Kunjungi Beijing
Redakan Ketegangan, Petinggi Korut Kunjungi Beijing
A A A
BEIJING - Seorang pejabat Korea Utara (Korut) melakukan kunjungan mendadak ke China. Kunjungan ini adalah upaya nyata Pyongyang untuk memperbaiki hubungan kedua negara yang sempat tegang beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Partai Buruh Korut, Ri Su-yong, tiba di Beijing untuk bertemu secara singkat dengan pejabat China yang tidak hadir dalam kongres Partai Buruh Korut yang dilakukan pada awal bulan ini.

Tidak adanya perwakilan resmi China di kongres, yang mengukuhkan kepemimpinan Kim Jong-un pada tampuk kekuasaan, dipandang sebagai tanda gesekan diantara kedua negara, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Selasa (31/5/2016).

Kantor berita resmi China, Xinhua mengatakan, Su-yong, yang juga mantan Menteri Luar Negeri, akan mengunjungi China selama tiga hari sebagai bagian dari delegasi. Kunjungan Su-yong ini menjadi yang pertama sejak tahun lalu, saat pembantu Kim Jong-un, Choe Ryong-hae menghadiri parade militer di Beijing untuk menandai peringatan 70 tahun kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II.

Kunjungan mendadak ini juga terjadi di tengah kabar peluncuran rudal jarak menengah yang dilakukan oleh Korut. Namun, menurut Korea Selatan (Korsel), peluncuran itu berakhir dengan kegagalan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3934 seconds (0.1#10.140)