Donald Trump Kini Jagoan Tunggal Partai Republik untuk Presiden AS

Kamis, 05 Mei 2016 - 09:54 WIB
Donald Trump Kini Jagoan Tunggal Partai Republik untuk Presiden AS
Donald Trump Kini Jagoan Tunggal Partai Republik untuk Presiden AS
A A A
OHIO - Donald Trump kini menjadi jagoan tunggal Partai Republik untuk menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) yang akan bertarung dengan bakal calon presiden dari Partai Demokrat.

Hal itu terjadi setelah rival terakhir Trump dari Partai Republik, John Kasich, tersingkir dan mengakhiri kampanyenya untuk menjadi penguasa Gedung Putih.

Pada konferensi pers di Columbus, Ohio, Kasich memberikan pidato singkat yang membenarkan bahwa dia mengakhiri upayanya untuk menjadi bakal capres AS dari Partai Republik. Namun, dia tidak memberikan penjelasan apakah mendukung Trump atau tidak.

Semangat, esensi dari Amerika terletak pada hati dan jiwa kita, katanya. Beberapa (orang) melewatkan pesan ini. Ini bukan seksi, ini bukan ucapan yang besar,” katanya lagi, seperti dikutip Telegraph, Kamis (5/5/2016).


Dalam pidato yang emosional, dia mendesak warga Amerika untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk membantu satu sama lain.

Seperti halnya saya menangguhkan kampanye hari ini, saya telah memperbaharui keyakinan—keyakinan lebih dalambahwa Tuhan akan menunjukkan jalan ke depan dan memenuhi tujuan hidup saya. Terima kasih, dan Tuhan memberkati,” ucapnya.

Tidak ada yang pernah dilakukan lebih banyak dengan sedikit dalam sejarah politik, katanya sambil mengucapkan terima kasih keluarganya dan timnya atas dukungan mereka.


Sebelumnya pada hari Rabu, Gubernur Ohio ini telah membatalkan acara dan sedang dalam perjalanan ke negara bagian asalnya di mana ia akan memberikan konferensi pers untuk mengkonfirmasi bahwa dia hengkang dari kompetisi bakal capres AS dari Partai Republik.

Pengumuman itu terjadi hanya sehari setelah Trump memenangkan pemilu primer di Indiana dan satu-satunya pesaing lainnya, Ted Cruz, juga sudah tersingkir.
Ini berarti bahwa Trump menjadi jagoan tunggal yang akan melawan bakal capres dari Partai Demokrat, yang kemungkinan besar adalah Hillary Clinton.

Untuk memenangkan konvensi capres dari Partai Republik, Trump harus didukung 1.237 delegasi. Saat ini, Trump sudah meraih dukungan 1.047 delegasi dengan kemenangannya di pemilu primer di banyak negara bagian AS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3471 seconds (0.1#10.140)