Presiden Xi Sindir AS yang Ikut Campur Sengketa Laut China Selatan

Kamis, 28 April 2016 - 14:32 WIB
Presiden Xi Sindir AS yang Ikut Campur Sengketa Laut China Selatan
Presiden Xi Sindir AS yang Ikut Campur Sengketa Laut China Selatan
A A A
BEIJING - Presiden China; Xi Jinping, pada Kamis (28/4/2016), menyindir halus Amerika Serikat (AS) yang ikut campur dalam sengketa Laut Chin Selatan.
Xi mengatakan sengketa itu harus diselesaikan oleh pihak-pihak yang terlibat, bukan oleh “orang luar”.

Sindiran Presiden China itu disampaikn dalam forum Conference on Interaction and Confidence Building Measures in Asia, yang dihadiri para menteri luar negeri Asia.

Kami mendesak menyelesaikan sengketa secara damai, melalui konsultasi ramah dan negosiasi dengan pihak yang terlibat secara langsung,” kata Xi.

Sengketa kawasan Laut China Selatan antara Chin dan beberapa negara ASEAN telah memicu ketegangan regional dalam beberapa bulan terakhir.

AS yang tidak terlibat dalam sengketa juga telah melakukan serangkaian patroli angkatan laut dan udara di dekat wilayah sengketa itu. Manuver AS inilah yang membuat China kesal, karena posisi AS dianggap sebagai “orang luar”.

Dalam forum itu, Xi Jinping, juga membahas krisis di Semenanjung Korea. Di menegaskan bahwa China tidak akan membiarkan perang atau kekacauan pecah di Semenanjung Korea.

Alasan itu pula yang membuat China marah dan menentang sekutu utamanya, Korea Utara (Korut) untuk mengembangkan senjata nuklir berbahaya.

Sebagai tetangga dekat Semenanjung (Korea), kami benar-benar tidak akan membiarkan perang atau kekacauan di semenanjung itu. Situasi ini akan tidak menguntungkan siapa pun,” kata Presiden Xi seperti dikutip Reuters.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5474 seconds (0.1#10.140)