Turki-Ukraina Sepakat Kerjasama Militer di Laut Hitam

Jum'at, 22 Januari 2016 - 22:33 WIB
Turki-Ukraina Sepakat Kerjasama Militer di Laut Hitam
Turki-Ukraina Sepakat Kerjasama Militer di Laut Hitam
A A A
ANKARA - Turki dan Ukraina sepakat untuk menggabungkan upaya mereka dalam memerangi terorisme global dan membangun kerjasama militer dan kerjasama teknis.

Kesepakatan itu terjadi setelah Sekretaris Keamanan dan Pertahanan Dewan Nasional Ukraina, Alexander Turchinov, bertemu dengan rekannya asal Turki Seyfullah Hacimuftuoglu, seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (22/1/2016).

"Mereka juga membahas upaya gabungan melawan terorisme global dan pendukungnya, serta kejahatan terorganisir dan migrasi ilegal. Kerjasama keamanan juga masuk dalam agenda pertemuan keduanya," begitu pernyataan pers yang dikeluarkan kantor Hacimuftuoglu.

Menurut Turchinov, Kiev dan Ankara kemungkinan memiliki sejarah yang unik untuk bekerjasama secara politik, diplomatik, militer dan sumber daya teknis dan ekonomi untuk secara efektif menjaga keseimbangan kekuasaan di Laut Hitam. Dikatakan Turchinov, membangun kerjasama militer adalah titik kunci dalam kemitraan strategis Turki-Ukraina.

Sedangkan Hacimuftuoglu menggarisbawahi bahwa Turki dan Ukraina harus memainkan peran utama dalam penciptaan sistem yang efektif dari keamanan regional. "Bagi kami, sangat penting untuk menyatukan kemampuan negara kita yang akan menyebabkan sinergi yang efektif," kata Kepala Dewan Keamanan Nasional Turki itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6116 seconds (0.1#10.140)