Kapal Pertama yang Bawa Jagung Ukraina Mencapai Turki

Minggu, 07 Agustus 2022 - 01:09 WIB
loading...
Kapal Pertama yang Bawa Jagung Ukraina Mencapai Turki
Kapal berbendera Panama, Navistar, yang membawa jagung dari Ukraina berlabuh di Istanbul, Turki. Foto/twitter
A A A
ANKARA - Kapal berbendera Panama, Navistar, yang membawa sekitar 33.000 ton jagung Ukraina ke Irlandia, telah mencapai Selat Bosphorus Turki dan berlabuh di Istanbul.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Turki mengkonfirmasi kabar itu dalam tweet pada Sabtu (6/8/2022).

“Kapal itu sekarang diharapkan menjalani pemeriksaan oleh anggota Pusat Koordinasi Gabungan sebelum melanjutkan ke tujuannya,” ungkap Kemhan Turki.

Kemhan Turki menjelaskan, pemeriksaan akan dilakukan dalam beberapa jam. “Kelompok inspeksi akan mencakup pejabat dari Turki, Rusia, Ukraina dan PBB,” papar media Turki.

Baca juga: Israel Prediksi Berapa Lama Pertempuran di Gaza Berlangsung

Navistar meninggalkan pelabuhan Odessa pada Jumat di bawah kesepakatan yang dinegosiasikan oleh Ukraina dan Rusia serta dimediasi oleh Turki dan PBB bulan lalu.

Dua kapal lainnya, Rojen berbendera Malta dan Polarnet berbendera Turki, meninggalkan pelabuhan Ukraina Chernomorsk pada hari yang sama.

Rojen mengangkut sekitar 13.000 ton jagung ke Irlandia, sedangkan Polarnet akan membawa sekitar 12.000 ton komoditas yang sama ke pelabuhan Karasu di Turki.

Baca juga: Jihad Islam: Israel Mulai Pertempuran dan Tak Tahu Cara Menghentikannya

Kedua kapal telah memasuki perairan teritorial Turki, menurut beberapa laporan media, dan diperkirakan akan segera tiba di Bosporus.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1107 seconds (10.101#12.26)