Jet Su-34 Rusia di Suriah Dilengkapi Rudal Udara, AS Bereaksi

Selasa, 01 Desember 2015 - 16:36 WIB
Jet Su-34 Rusia di Suriah Dilengkapi Rudal Udara, AS Bereaksi
Jet Su-34 Rusia di Suriah Dilengkapi Rudal Udara, AS Bereaksi
A A A
WASHINGTON - Pentagon Amerika Serikat (AS) bereaksi setelah Rusia meluncurkan serangan dengan pesawat jet pembom canggih Su-34 di Suriah. Pentagon memperingatkan Rusia, bahwa pesawat jet Su-34 yang dilengkapi rudal udara hanya memperumit situasi di wilayah udara Suriah.

Pesawat jet pembom Su-34 Rusia telah meluncurkan serangan perdananya di Suriah. Pesawat canggih itu meluncurkan serangan mendadak dengan rudal udara-ke-udara.

”Sistem seperti ini akan lebih mempersulit situasi yang sudah sulit di langit Suriah dan tidak melakukan apa-apa untuk lebih memerangi ISIS, karena mereka tidak memiliki angkatan udara,” bunyi pernyataan Pentagon, seperti dikutip Itar-Tass, Selasa (1/12/2015).

“Kami berharap bahwa jika Rusia melakukannya, mereka akan mematuhi Memorandum of Understanding kami mengenai keselamatan penerbangan dan tidak langsung menggunakan sistem itu terhadap pesawat koalisi,” lanjut Pentagon.

(Baca: Rusia Akhirnya Luncurkan Serangan Jet Canggih Su-34 di Suriah)

Pada hari Senin, juru bicara Angkatan Udara Rusia, Kolonel Igor Klimov, mengatakan bahwa pesawat jet pembom Su-34 (oleh NATO dinamakan Fullback) menjalankan misi tempur perdananya di Suriah. Dia membenarkan bahwa pesawat itu dilengkapi sistem rudal udara-ke-udara.

”Hari ini (kemarin), pesawat pembom Su-34 Rusia telah membuat serangan pertama yang tidak hanya dilengkapi dengan bom berdaya ledak tinggi dan bom berongga, tetapi juga dengan rudal jarak pendek dan jarak menengah yang menembakkan rudal udara-ke-udara,” kata Klimov.

”Pesawat-pesawat dilengkapi dengan rudal untuk tujuan defensif,” lanjut Klimov. “Rudal memiliki perangkat yang mampu mencari target dan mampu menghantam target udara dalam radius 60 km.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4969 seconds (0.1#10.140)