Rusia: AS Kirim Pasukan Khusus Picu Perang Proxy di Suriah

Sabtu, 31 Oktober 2015 - 14:18 WIB
Rusia: AS Kirim Pasukan Khusus Picu Perang Proxy di Suriah
Rusia: AS Kirim Pasukan Khusus Picu Perang Proxy di Suriah
A A A
MOSKOW - Rusia memperingatkan langkah Amerika Serikat (AS) yang bisa memicu perang proxy di Suriah karena mengirim pasukan khusus. Peringatan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov.

Washington menegaskan bahwa kurang dari 50 pasukan khusus bersiap dikirim ke Suriah utara untuk menjadi penasihat kelompok oposisi moderat dalam melawan ISIS.

Konflik di Suriah semakin rumit, di mana AS dan koalisinya terus menghendaki Presiden Suriah Bashar al-Assad lengser. Namun, Rusia dan Iran tetap mendukung Presiden Assad yang merupakan sekutu mereka. Rusia berpendapat masa depan sebuah negara, termasuk Suriah tidak bisa ditentukan oleh negara asing tapi oleh rakyat negara terkait.

”Saya yakin bahwa baik Amerika Serikat maupun Rusia tidak ingin (konflik) ini menjadi apa yang disebut perang proxy,” kata Lavrov seperti dikutip Reuters, Sabtu (31/10/2015).”Tapi itu jelas bagi saya, bahwa situasi telahh membuat tugas kerjasama antara militer lebih relevan.”

Sebelumnya, Pentagon mengatakan pasukan khusus darat AS yang dikerahkan ke Suriah hanya bertindak sebagai penasihat oposisi moderat Suriah, bukan untuk bertempur di garis depan.

”Peran fundamental dan strategi kami ini adalah untuk memungkinkan pasukan lokal (yang bertindak), tapi apakah menempatkan pasukan AS itu tidak dalam bahaya? Memang, tidak ada pertanyaan tentang itu,” kata Menteri Pertahanan AS, Ash Carter.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4893 seconds (0.1#10.140)