Palestina: Dunia Internasional Tutup Mata Atas Serangan Israel

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 15:50 WIB
Palestina: Dunia Internasional Tutup Mata Atas Serangan Israel
Palestina: Dunia Internasional Tutup Mata Atas Serangan Israel
A A A
RAMALLAH - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Palestina mengecam dunia internasional yang dinilai hanya berdiam diri melihat serangan Israel terhadap warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem.

"Bagaimana masyarakat internasional dapat tinggal diam dalam menghadapi kejahatan ini? Bersikap buta dan tuli setiap kali Israel melanggar hukum internasional dan perjanjian," bunyi pernyataan Kemlu Palestina, seperti dilansir dari Xinhua, Jumat (9/10/2015).

Menurut Kemlu Palestina, dunia internasional telah lalai terhadap apa yang terjadi pada rakyat dan pemimpn Palestina. Karenanya, mereka menuntut perlindungan dari masyarakat internasional sebagai langkah untuk mengakhiri pendudukan Israel.

Mereka pun menyerukan agar semua organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) untuk memikul tanggung jawab. Mereka juga mendesak organisasi HAM untuk menghadapi, memantau, dan mendokumentasikan pelanggaran Israel.

Kemlu Palestina juga mendesak organisasi HAM untuk memberikan dokumen yang dapat meminta pertanggung jawaban pemerintah Israel atas sejumlah tindakan kriminal yang pernah dilakukannya di pengadilan kejahatan internasional.

Eskalasi aksi kekerasan antara tentara Israel dengan warga Palestina terus meningkat. Hal ini dipicu tewasnya dua warga Israel dalam sebuah aksi kekerasan bersenjata di Nabul, Tepi Barat. Selanjutnya, dua warga Israel lainnya tewas di tikam di Yerusalem Timur.

Aksi ini dibalas tentara Isral dengan menembak mati enam warga Palestina, dimana tiga diantara tewas ditembak karena menjadi pelaku penikaman terhadap warga Israel. Sedangkan tiga lainnya, termasuk seorang remaja berusia 13 tahun, tewas saat terjadi bentrokan di Tepi Barat dan melukai 600 orang lainya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3803 seconds (0.1#10.140)