Kremlin Gempur ISIS di Suriah, Inggris dan Rusia Perang Twitter

Jum'at, 02 Oktober 2015 - 18:39 WIB
Kremlin Gempur ISIS di Suriah, Inggris dan Rusia Perang Twitter
Kremlin Gempur ISIS di Suriah, Inggris dan Rusia Perang Twitter
A A A
LONDON - Aksi militer Kremlin menggempur ISIS di Suriah memicu perang Twitter antara para pejabat tinggi Rusia dan Inggris. Aksi saling ledek di dunia maya itu muncul setelah Amerika Serikat (AS) menuduh Rusia melakukann serangan sembarangan terhadap kelompok pemberontak Suriah yang didukung Barat.

Pertikaian diplomatik di Twitter itu dimulai ketika Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, menulis di akun Twitter-nya, @PHammondMP yang menyentil serangan Kremlin di Suriah.

”Rusia harus jelaskan ke masyarakat internasional bahwa (serangan) itu menargetkan ISIS atau milisi Al Qaeda yang berafiliasi dan bukan pada pasukan oposisi moderat Suriah,” tulis Hammond.


Tweet Menlu Inggris itu dibalas tweet ledekan dari Kedutaan Besar Rusia di London, melalui akun Twitter-nya, @RussianEmbassy. Pihak Kedubes Rusia membalas dengan mengirim foto salah satu pesawat jet tempur Kremlin yang menembakkan rudal.

“Tindakan Rusia di Suriah secara hukum internasional, tidak seperti orang lain. Kami bertindak atas permintaan Pemerintah,” bunyi tweet balasan Kedubes Rusia, seperti dikutip Daily Mail, Jumat (2/10/2015).

Kicauan balasan Kedubes Rusia itu menyindir aksi pilot RAF (Angkatan Udara Inggris) yang menerbangkan pesawat tempur AS di wilayah udara Suriah dan serangan pesawat nirawak Inggris yang menewaskan warga negaranya di Suriah tanpa memberitahu pihak parlemen Inggris.

Dalam tempo 48 jam terakhir, pesawat-pesawat jet tempur Rusia diketahui sudah meluncurkan sekitar 30 serangan. Rusia awalnya mengklaim serangan mereka ditargetkan pada kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atas permintaan rezim Suriah. Tapi, Rusia pada akhirnya mengakui juga menargetkan kelompok lain di Suriah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9812 seconds (0.1#10.140)
pixels