Bulgaria Tolak Pesawat Rusia Melintasi Wilayahnya

Rabu, 09 September 2015 - 10:44 WIB
Bulgaria Tolak Pesawat Rusia Melintasi Wilayahnya
Bulgaria Tolak Pesawat Rusia Melintasi Wilayahnya
A A A
SOFIA - Bulgaria menolak izin pesawat Rusia untuk melintasi wilayah udaranya ditengah kekhawatiran Negeri Beruang Merah itu memberikan bantuan militer kepada Suriah. Kementerian Luar Negeri Bulgaria lewat juru bicaranya, Betina Zhoteva mengatakan, Rusia mengklaim jika pesawat itu tidak membawa bantuan untuk Suriah. Ia pun mengatakan jika negaranya tidak berada di bawah tekanan NATO terkait hal tersebut.

"Pesawat-pesawat itu dikatakan membawa bantuan kemanusiaan, tetapi kami punya informasi yang bisa kami percaya bahwa kargo yang dibawa tidak sama dengan alasan yang diberikan," ujarnya seperti dikutip dari BBC, Rabu (9/9/2015).

Zhoteva mengungkapkan bahwa keputusan untuk menolak memberikan izin kepada pesawat Rusia itu terjadi pada akhir pekan lalu. Meski begitu, ia tidak mengungkapkan jumlah pesawat yang meminta izin untuk melintas.

Sementara itu Wakil Presiden Dewan Urusan Luar Negeri Rusia, Vladimir Djabarov kepada kantor berita Tass mengatakan bahwa pesawat tersebut berisi kargo bantuan kemanusiaan.

Tindakan Bulgaria ini mengikuti permintaan Amerika Serikat (AS) kepada Yunani yang meminta agar melarang pesawat Rusia melintas karena diduga membawa bantuan militer untuk rezim Suriah.

Seperti diketahui, Rusia dan Iran adalah sekutu bagi pemerintah Suriah yang dipimpin oleh Presiden Bashar al-Assad. Keduanya menilai Assad adalah bagian dari solusi untuk memacahkan permasalahan di Suriah, sebuah pandangan yang ditolak oleh kelompok penentangnya yang mendapat dukungan dari AS dan sekutunya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3794 seconds (0.1#10.140)