Buronan AS Dapat Penghargaan dari Norwegia

Sabtu, 05 September 2015 - 22:45 WIB
Buronan AS Dapat Penghargaan dari Norwegia
Buronan AS Dapat Penghargaan dari Norwegia
A A A
KOPENHAGEN - Mantan kontraktor dinas intelijen Amerika Serikat (AS), Edward Snowden mendapatkan hadiah dari Norwegian Academy of Literature and Freedom of Expression. Uniknya, pemberian hadiah ini dilakukan via saluran video secara langsung dari Rusia.

Mantan analis sistem Badan Keamanan Nasional (NSA) AS ini mendapatkan tepuk tangan saat plakat penghargaan yang diterimanya diletakkan di sebuah bangku kosong saat acara pemberian hadiah tersebut digelar di sebelah barat Molde, Norwegia, seperti dikutip dari laman ABC News, Sabtu (5/9/2015).

Penghargaan itu diberikan kepada Snowden atas karyanya terkait hak-hak privasi. Selain plakat hadiah, Snowden juga diganjar dengan uang senilai 100.000 kroner Norwegia atau senilai USD 12.000. "Amerika mengalami penderitaan akibat pencitraannya, reputasinya setiap tahun berdiri melawan hak asasi manusia," kata Snowden.

Snowden sendiri kini berada di Rusia setelah mendapatkan suaka politik dari negeri Beruang Merah itu. Ia terancam akan diekstradisi ke AS jika keluar dari Rusia karena dianggap memiliki bocoran program pengawasan rahasia milik AS.

AS sendiri diketahui telah berulang kali menekan Norwegia untuk menangkap dan mendeportasi Snowden jika dia mencoba memasuki wilayah Norwegia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4273 seconds (0.1#10.140)