India, Pakistan Gabung China dan Rusia di Grup Keamanan Baru

Sabtu, 11 Juli 2015 - 15:59 WIB
India, Pakistan Gabung China dan Rusia di Grup Keamanan Baru
India, Pakistan Gabung China dan Rusia di Grup Keamanan Baru
A A A
UFA - India dan Pakistan ikut bergabung dalam grup keamanan regional baru yang dipimpin Rusia dan China. Munculnya kelompok keamanan baru itu menjadi bukti bahwa Rusia tidak bisa diisolasi Barat.

Bergabungnya India dan Pakistan itu terjadi setelah dua hari digelarnya KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Kota Ufa, Rusia. India dan Pakistan dikenal sebagai negara yang masing-masing memiliki nuklir.

”Evolusi SCO berlangsung pada tahap yang rumit dalam pengembangan hubungan internasional dan di tengah-tengah munculnya multi-kutub dunia,” kata SCO, dalam sebuah pernyataan.

”Proses ini disertai dengan meningkatnya tantangan keamanan dan ancaman, meningkatkan ketidakpastian dan ketidakstabilan di berbagai wilayah di dunia.”

Anggota SCO juga mencakup negara-negara wilayah Asia Tengah bekas Soviet, seperti Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan dan Tajikistan.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, melihat bahwa SCO bisa disatukan dengan BRICS, kelompok negara gabungan dari Brasil, India, Afrika Selatan, Cina dan Rusia. Kelompok BRICS sepakat untuk menjaga stablitas ekonomi semua anggotanya.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, memuji ekspansi SCO yang harus menjadi salah satu organisasi yang paling dinamis di dunia. ”Waktunya telah tiba untuk menjangkau seluruh wilayah,” kata Modi. ”Kami memiliki semua yang kita butuhkan untuk berhasil.”

Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif, juga memuji pembentukan kelompok baru ini.”Upaya Presiden Putin akan meningkatkan lingkup politik dan ekonomi dari sabuk Eurasia,” katanya, seperti dikutip Reuters, Sabtu (11/7/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7689 seconds (0.1#10.140)
pixels