Gagal Perpanjang Program Penyadapan, Obama Kecam Senat AS

Senin, 01 Juni 2015 - 18:23 WIB
Gagal Perpanjang Program Penyadapan, Obama Kecam Senat AS
Gagal Perpanjang Program Penyadapan, Obama Kecam Senat AS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengecam Senat AS yang gagal memperpanjang pelaksanaan UU Patriot sebagai dasar program penyadapan yang dilakukan NSA. Obama berharap parlemen bisa berpihak pada Gedung Putih yang ingin program NSA itu terus berlanjut untuk mencegah aksi teror.

”Senat mengambil penting, jika pada akhir malam ini terus melangkah maju,” kata Obama melalui juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, dalam sebuah pernyataan.

Senat gagal menyetujui untuk memperpanjang masa berlaku UU Patriot. Dengan demikian, program penyadapan massal NSA akan berakhir pada Minggu tengah malam atau hari ini (1/6/2015) WIB.

Setelah gagal memperpanjang UU Patriot, Senat AS akan menggelar rapat khusus.”Kami menyerukan kepada Senat untuk memastikan jeda tidak bertanggung jawab ini,” ujar Earnest.

”Pada masalah yang sama pentingnya dengan keamanan nasional kita, individu senator harus mengesampingkan motivasi partisan dan bertindak cepat,” imbuh Earnest, seperti dilansir AFP.

Presiden Obama pada tahun lalu menyerukan reformasi yang komprehensif tentang program penyadapan metadata yang dibocorkan mantan kontraktor NSA, Edward Snowden pada 2013. Meski menyerukan reformasi, Obama tidak memerintahkan penyadapan itu diakhiri.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4874 seconds (0.1#10.140)