Korut Klaim Berhasil Perkecil Bentuk Senjata Nuklir

Rabu, 20 Mei 2015 - 15:47 WIB
Korut Klaim Berhasil Perkecil Bentuk Senjata Nuklir
Korut Klaim Berhasil Perkecil Bentuk Senjata Nuklir
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) mengklaim bahwa mereka telah berhasil memperkecil ukuran senjata nuklir. Teknologi ini memungkinkan Korut untuk menempelkan senjata tersebut di atas sebuah roket.

"Sudah sangat lama kami berusaha memperkecil dan diversifikasi (memperbanyak) cara-cara untuk menembakan senjata nuklir kami," kata Komisi Pertahanan Nasional Korut atau NDC, dalam sebuah pernyataan yang dimuat KCNA, seperti dilansir Straitimes pada Rabu (20/5/2015).

NDC juga mengatakan, berdasarkan hasil penelitan dan percobaan saat ini, pihaknya sudah berhasil membuat teknologi yang ditunjukan untuk rudal jarak jauh. Mereka menegaskan, tidak akan menutupi kepada dunia bahwa Korut memang sedang mengembangkan senjata nuklir.

"Kami juga telah mencapai tahap di mana tingkat akurasi tertinggi dijamin tidak hanya untuk rudal jangka pendek dan menengah rudal tetapi rudal jarak jauh," sambung NDC. "Kami tidak akan menyembunyikan fakta ini," tambahnya.

Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan telah berulang kali mengutarakan kekhwatiran mereka akan pengembangan senjata nuklir yang dilakukan Korut. Ketiga negara tersebut bahkan mencurigai rencana Korut untuk mengirim roket ke orbit Bumi, sebagai kedok untuk uji coba senjata nuklir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4731 seconds (0.1#10.140)