Zelensky Serukan Barat Percepat Bantuan Militer untuk Ukraina

Kamis, 19 Januari 2023 - 01:30 WIB
loading...
Zelensky Serukan Barat Percepat Bantuan Militer untuk Ukraina
Berpidato via tautan video di Forum Ekonomi Dunia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy menyerukan Barat untuk mempercepat bantuan militer. Foto/Straits Times
A A A
DAVOS - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak sekutu Baratnya untuk mengambil keputusan lebih cepat untuk membantu negaranya yang dilanda perang. Ia memperingatkan bahwa tirani melampaui demokrasi.

Berpidato pada Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss melalui tautan video, pemimpin Ukraina itu mengeluarkan "seruan untuk kecepatan" dalam referensi tentang keragu-raguan di Jerman apakah akan memasok tank berat Leopard ke negara tersebut.

“Waktu yang digunakan Dunia Bebas untuk berpikir digunakan oleh negara teroris untuk membunuh,” kata Zelensky, menjelang pertemuan negara-negara Barat yang memasok senjata bagi Ukraina di Jerman pada hari Jumat.



“Dunia tidak boleh ragu hari ini atau selamanya,” tambahnya.

“Mobilisasi dunia harus melampaui mobilisasi militer berikutnya dari musuh bersama kita,” serunya seperti dikutip dari Straits Times, Kamis (19/1/2023).

Para pemimpin dan menteri dari Finlandia, Lituania, Polandia, dan Inggris telah menambahkan suara mereka dalam beberapa hari terakhir untuk menuntut Berlin agar menyetujui ekspor tank Leopard 2 buatan Jerman ke Ukraina.



Presiden Polandia Andrzej Duda, yang negaranya telah menawarkan untuk mengirim tank Leopardnya, menyebutnya sebagai ide yang sangat bagus pada hari Selasa.

Para pendukung Ukraina akan bertemu di pangkalan militer Ramstein yang dikelola Amerika Serikat (AS) di Jerman pada hari Jumat esok.

“Saya berharap ini akan sangat positif bagi Ukraina. Secara tidak resmi, saya memiliki sinyal yang sangat bagus dan positif,” kata Wali Kota Kiev Vitali Klitschko kepada AFP.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)