Spesifikasi Tank Challenger 2 Inggris yang Dipasok Rishi Sunak ke Ukraina

Selasa, 17 Januari 2023 - 12:18 WIB
loading...
Spesifikasi Tank Challenger 2 Inggris yang Dipasok Rishi Sunak ke Ukraina
Tank tempur utama Challenger 2 dari Inggris siap dikirim ke Ukraina. Foto/mezha.media
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak berjanji akan mengirimkan tank Challenger 2 ke Ukraina demi mendukung negara tersebut dalam melawan Rusia.

Melansir laman BBC, hal itu disampaikan langsung Sunak kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui sambungan telepon pada awal Januari 2023.

Langkah tersebut dilakukan sebagai wujud intensifnya dukungan Inggris terhadap Ukraina. Bagaimana spesifikasi tank Challenger 2 yang akan diberikan Inggris tersebut?

Tank Challenger 2 merupakan alutsista Inggris yang dikembangkan BAE Land System. Tank ini berperan sebagai tank tempur utama milik Angkatan Darat Inggris sejak tahun 1994. Melansir spesifikasinya pada laman Military Today, Challenger 2 berkapasitas 4 awak dan memiliki senjata utama berupa senapan 120 mm.



Tank ini juga memiliki berat 62,5 ton dengan panjang 11,55 meter. Tinggi tank mencapai 2,49 meter dengan lebar 3,52 meter.

Dalam segmen mobilitas, Challenger 2 ditopang mesin Perkins CV12 TCA diesel dengan kecepatan maksimal 56 km/jam dan jangkauannya mencapai 500 km. Challenger 2 mampu bermanuver 60% dan miring ke samping sebanyak 30%.



Senapan L30 120 mm yang menjadi senjata utama tank ini juga berasal dari BAE Systems Land. Pada Januari 2004, BAE Land System disebut mendapatkan kontrak untuk mengembangkan meriam smoothbore 120 mm baru untuk tank ini.

Challenger 2 dianggap sebagai alutsista yang paling aman karena sistem perlindungan dirinya terbukti baik.

Tank ini mampu memberikan perlindungan sangat tinggi untuk awaknya, terutama dari serangan senjata api. Challenger 2 menggunakan armor komposit Chobham generasi kedua. Ada pula sistem perlindungan nuklir, kimia, dan biologis di tank ini.

Kehadiran tank ini di medan tempur Ukraina tentu menjadi lawan berat bagi mesin-mesin perang Rusia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)