Tiga Dekade Buron, Bos Mafia Italia Ditangkap Polisi di Sisilia

Selasa, 17 Januari 2023 - 05:00 WIB
loading...
Tiga Dekade Buron, Bos Mafia Italia Ditangkap Polisi di Sisilia
Tiga Dekade Buron, Bos Mafia Italia Ditangkap Polisi di Sisilia. FOTO/Reuters
A A A
ROMA - Bos mafia paling dicari di Italia , Matteo Messina Denaro (60) ditangkap di Sisilia pada Senin (16/1/2023) pagi. Ia ditangkap setelah sekitar tiga dekade dalam pelarian, kata polisi Italia.

Denaro ditahan di sebuah klinik swasta di kota Sisilia Palermo, media Italia melaporkan. Denaro ditangkap tepat sebelum pukul 09.00GMT dan dibawa ke lokasi rahasia oleh polisi Carabinieri.

Baca Juga: Bos Mafia Italia Minta Putrinya Dihabisi karena Jadi Pacar Polisi
Denaro, yang dianggap sebagai salah satu bos mafia Cosa Nostra Sisilia yang paling kuat, telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup secara in absentia atas beberapa pembunuhan, termasuk perannya dalam pembunuhan jaksa anti-mafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino tahun 1992.

Dia juga menghadapi hukuman seumur hidup atas perannya dalam serangan bom di Florence, Roma dan Milan, yang menewaskan 10 orang pada tahun 1993.

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni menyebut penangkapan itu sebagai "kemenangan besar bagi negara yang menunjukkan tidak pernah menyerah di hadapan mafia."

Denaro, "Bapak baptis" Terakhir Cosa Nostra, telah menjadi buronan sejak 1993, namun jaksa anti-mafia yakin dia masih mengeluarkan perintah dari berbagai lokasi rahasia.



John Dickie, seorang profesor studi Italia di University College London dan pakar mafia, menggambarkan penangkapan Messina Denaro sebagai "sinyal lain dari penurunan mafia Sisilia".

“Dia adalah anggota termuda dari kelompok kepemimpinan dalam mafia Sisilia yang mengambil kendali mafia Sisilia pada awal 1980-an, pada dasarnya dengan membantai semua saingan mereka, dan kemudian melancarkan serangan besar ke negara Italia,” kata Dickie kepada Al Jazeera.

“Semua ini ditujukan untuk mencoba membuat negara mundur dari serangan besar-besaran terhadap kejahatan terorganisir yang telah mendapatkan momentum. Tetapi serangan itu terus berlanjut dan Messina Denaro adalah yang terakhir dari kelompok kepemimpinan itu yang masih buron,” lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)