Rusia: AS Provokasi Perdamaian di Arktik

Selasa, 28 April 2020 - 18:38 WIB
loading...
Rusia: AS Provokasi Perdamaian di Arktik
Rusia menuding AS memprovokasi kedamaian di Arktik. Foto/ABC News
A A A
KOPENHAGEN - Duta Besar Rusia untuk Denmark menuding Washington memprovokasi konfrontasi di Kutub Utara untuk mencapai dominasi di wilayah tempat Moskow berinvestasi besar-besaran.

Tuduhan itu muncul setelah AS pekan lalu mengumumkan bantuan ekonomi sebesar USD12,1 juta untuk Greenland, bagian semi-otonom dari Kerajaan Denmark, untuk memperkuat ikatan dan meningkatkan perburuan negara itu untuk sumber daya mineral.

"Sekarang, Amerika Serikat bukannya dialog dan kerja sama semata-mata bergantung pada kebijakan konfrontasi di kawasan, dengan demikian berharap untuk mencapai dominasi di bagian dunia ini," kata Dubes Rusia Vladimir Barbin kepada harian Denmark, Politiken, yang dinukil Reuters, Selasa (28/4/2020).

Barbin merujuk pada pernyataan baru-baru ini oleh duta besar AS untuk Denmark, Carla Sands, yang menyebut aktivitas Rusia di Arktik "agresif" dan tantangan bagi ambisi perdamaian Barat.

Kedutaan Besar Rusia di Kopenhagen tidak segera dapat mengkonfirmasi komentar ketika dihubungi melalui telepon.

Arktik semakin menjadi fokus Washington setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Mei tahun lalu pertama kali mengkritik perilaku Rusia dan China, dan kemudian ketika Presiden Donald Trump menawarkan untuk membeli Greenland dari Denmark.

Rusia memiliki rencana ambisius untuk membangun pelabuhan di sepanjang apa yang disebut Rute Laut Utara, yang akan memperpendek jarak antara China dan Eropa, dan telah meningkatkan kehadiran militernya di wilayah Arktik.

China juga telah mendorong perusahaan untuk membangun infrastruktur di Kutub Utara sebagai bagian dari Jalan Sutra Kutub. Tawaran oleh konstruksi China untuk membantu memperluas tiga bandara di Greenland secara efektif diblokir oleh Amerika Serikat, sekutu dekat Denmark.

"Ada sikap sakit terhadap proyek-proyek investasi berskala besar di negara bagian lain, serta kemajuan berbagai teori konspirasi dan dugaan mengenai kegiatan ekonomi di Kutub Utara negara bagian lain," kata Barbin.

Greenland secara strategis penting bagi militer AS dan sistem peringatan dini rudal balistiknya karena rute terpendek dari Eropa ke Amerika Utara berjalan melalui pulau Arktik.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)