PM Inggris Tegaskan Akan Kirim Tank Challenger 2 ke Ukraina

Minggu, 15 Januari 2023 - 06:49 WIB
loading...
PM Inggris Tegaskan Akan Kirim Tank Challenger 2 ke Ukraina
Inggris dipastikan akan mengirim tank Challenger 2 ke Ukraina. Foto/Financial Times
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Rishi Sunak mengatakan Inggris akan mengirim tank Challenger 2 ke Ukraina untuk mendukung upaya perang negara itu. Hal itu telah ia konfirmasi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui telepon, di mana ia mengatakan akan mengirim peralatan dan sistem artileri tambahan.

Downing Street mengatakan langkah tersebut menunjukkan ambisi Inggris untuk mengintensifkan dukungan.

Kantor PM Inggris mengatakan selama panggilan telepon, Sunak dan Zelensky juga membahas kemenangan Ukraina baru-baru ini, serta kebutuhan untuk memanfaatkan momen ini dengan percepatan militer global dan dukungan diplomatik.

Sunak mengatakan Challengers, tank tempur utama Angkatan Darat Inggris, akan membantu pasukan Kiev mendorong mundur pasukan Rusia.

Zelensky sendiri berterima kasih kepada Inggris, mengatakan bahwa keputusan untuk mengirim tank tidak hanya akan memperkuat Ukraina di medan perang, tetapi juga mengirimkan sinyal yang tepat ke mitra lain.

Dia mengatakan dukungan Inggris selalu kuat dan sekarang tidak bisa ditembus.

Sekretaris pertahanan bayangan John Healey mengatakan pemerintah Inggris mendapat dukungan penuh dari Partai Buruh untuk keputusan mengirim Challenger.



"Tank modern sangat penting bagi upaya Ukraina untuk memenangkan pertempurannya melawan agresi Rusia," ujarnya, seperti dikutip dari BBC, Minggu (15/1/2023).

Menanggapi berita ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan: "Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, pasokan senjata adalah target yang sah untuk serangan Rusia."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)