Takut Dikudeta, Putin Disebut Bakal Pensiun Tahun Ini dan Tunjuk Penerusnya

Sabtu, 14 Januari 2023 - 13:22 WIB
loading...
Takut Dikudeta, Putin Disebut Bakal Pensiun Tahun Ini dan Tunjuk Penerusnya
Presiden Rusia Vladimir Putin disebut bakal pensiun tahun ini dan menunjuk sendiri penerusnya karena takut dikudeta. Foto/en.kremlin.ru
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin disebut akan menunjuk calon penggantinya pada tahun ini daripada mengambil risiko digulingkan karena popularitasnya terus menurun di tengah serangkaian kekalahan di Ukraina.

Klaim itu dilontarkan mantan sekutunya Abbas Gallyamov.

Mantan penulis pidato Putin itu mengatakan orang nomor satu Rusia itu akan berusaha untuk menyerahkan kekuasaan kepada suksesor yang dipilihnya dan pensiun ke 'istana' Laut Hitam daripada mengambil risiko nasib memalukan dari tiran yang digulingkan seperti Muammar Gaddafi.

"Pemimpin Rusia akan berusaha menyerahkan kekuasaan kepada penerus teknokrat yang dapat menegosiasikan diakhirinya perang dengan Ukraina dan Barat, dan mungkin tidak melawan pemilu 2024," katanya kepada saluran YouTube Khodorkovsky Live seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (14/1/2023).

Menurut Gallyamov, lingkaran Putin tidak lagi melihatnya sebagai penjamin stabilitas dan khawatir dengan munculnya Yevgeny Prigozhin yang sejauh ini setia kepada Kremlin tetapi dapat melawan elit yang dianggap gagal dalam perang.

Yevgeny Prigozhin adalah kepala tentara bayaran Rusia Grup Wagner yang memiliki persenjataan lengkap.

Mereka takut dibantai dengan palu godam Prigozhin - hukuman di luar hukum yang diberikan kepada narapidana tentara yang menolak untuk berperang atau berusaha untuk membelot ke Ukraina.



Salah satu mantan tentara bayaran Grup Wagner, yang berpindah pihak dalam perang Ukraina, Yevgeny Nuzhin (55), kepalanya ditempel di dinding bata dan dipukuli sampai mati dengan palu godam pada November lalu ketika dia ditangkap oleh mantan rekannya.

Prigozhin memuji eksekusi pembelot dan mengatakan bahwa 'anjing menerima kematian anjing' sebagai tanggapan atas video Nuzhin yang dipukul sampai mati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)