5 Negara Mayoritas Muslim Penghasil Gas Alam Terbesar di Dunia, Nomor 4 di Afrika

Jum'at, 13 Januari 2023 - 22:01 WIB
loading...
5 Negara Mayoritas Muslim Penghasil Gas Alam Terbesar di Dunia, Nomor 4 di Afrika
Pekerja membangun jaringan pipa gas Iran dan Pakistan. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Terdapat sedikitnya lima negara mayoritas muslim penghasil gas alam terbesar di dunia. Salah satunya bahkan berhasil menduduki peringkat ketiga di dunia, tepat di bawah Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

Pada perkembangannya, gas alam menjadi kebutuhan primer penduduk di sejumlah negara. Sebagai contoh, bisa digunakan untuk pembangkit listrik, bahan bakar kendaraan, hingga menghidupkan pemanas ruangan.

Dilansir dari laman Visual Capitalist, Jumat (13/1/2023), berikut deretan negara mayoritas muslim penghasil gas alam terbesar di dunia.

1. Iran

Iran merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Barat. Dengan ibu kota di Taheran, negara ini berbatasan dengan Azerbaijan dan Armenia di barat laut, Afghanistan dan Pakistan di timur, serta Turki dan Irak di bagian baratnya.

Sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim mayoritas, Iran juga diketahui masuk dalam daftar penghasil gas alam terbesar di dunia. Mereka berada di peringkat ketiga, tepat di bawah Amerika Serikat dan Rusia.

Pada tahun 2021, Iran menghasilkan sekitar 256,7 miliar meter kubik gas alam. Adapun angka tersebut setara dengan 6,4% dari total keseluruhan produksi global.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan AS ataupun Rusia, jumlah tersebut masih terpaut cukup jauh.

Dalam hal ini, Negeri Paman Sam memproduksi lebih dari 900 miliar meter kubik, sementara Moskow sekitar 700 miliar meter kubik lebih.

2. Qatar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)