Ratusan Organisasi HAM di Seluruh Dunia Desak Biden Tutup Penjara Guantanamo

Kamis, 12 Januari 2023 - 23:00 WIB
loading...
Ratusan Organisasi HAM di Seluruh Dunia Desak Biden Tutup Penjara Guantanamo
Presiden AS Joe Biden didesak untuk segera menutup penjara Guantanamo. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Lebih dari 150 organisasi mengirim surat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (11/1/2023). Ratusan organisasi itu mendesak Biden untuk memprioritaskan penutupan fasilitas penahanan di Teluk Guantanamo , Kuba.

Surat itu ditandatangani oleh 159 organisasi dari AS dan negara-negara lain yang menyebut diri mereka sebagai "kelompok organisasi non-pemerintah yang beragam" yang menangani isu-isu termasuk hak asasi manusia internasional, hak imigran, keadilan rasial, dan memerangi diskriminasi anti-Muslim.



“Sudah lama berlalu untuk perubahan besar dalam pendekatan Amerika Serikat terhadap keamanan nasional dan manusia, dan perhitungan yang berarti dengan cakupan penuh kerusakan yang disebabkan oleh pendekatan pasca-9/11,” sebut pernyataan bersama ratusan organisasi itu, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

“Menutup fasilitas penahanan Guantanamo, mengakhiri penahanan militer tanpa batas waktu terhadap mereka yang ditahan di sana, dan tidak pernah lagi menggunakan pangkalan militer untuk penahanan massal yang melanggar hukum terhadap sekelompok orang adalah langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu,” lanjut pernyataan itu.

"Kami mendesak Anda untuk bertindak tanpa penundaan, dan dengan cara yang adil yang mempertimbangkan kerugian yang dilakukan terhadap orang-orang yang telah ditahan tanpa dakwaan atau pengadilan yang adil selama dua dekade," tambah pernyataan itu.



Sementara itu, rapat umum virtual diadakan Rabu untuk menandai 21 tahun sejak pembukaan penjara militer AS di Teluk Guantanamo, yang didirikan setelah serangan teroris 11 September 2001 untuk menahan tersangka teroris yang ditangkap di Afghanistan, Irak, dan di tempat lain.

Acara virtual tersebut dihadiri oleh banyak orang dari berbagai lokasi, termasuk aktivis, pengacara, dan pembela hak asasi manusia, yang menuntut penutupan penjara terkenal yang disewa AS dari Kuba pada tahun 1903 sebagai stasiun batu bara dan pangkalan angkatan laut.

Di antara para pembicara adalah Daphne Eviatar, Direktur Keamanan Hak Asasi Manusia Amnesty International USA, Aliya Hana Hussain, Manajer Program Advokasi di Pusat Hak Konstitusional dan Andy Worthington dari kampanye Tutup Guantanamo serta para advokat lainnya, bersama Lu Aya, co- pendiri The Peace Poets, moderator.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)