3 Fakta Vladimir Putin Sangat Menghargai dan Ramah Terhadap Umat Islam Rusia

Kamis, 12 Januari 2023 - 19:31 WIB
loading...
A A A
Sebuah studi yang diterbitkan Al Jazeera berjudul “Russian Foreign Policy and Islam: Reshaping National Identity” tahun 2014 melaporkan bahwa sebelum Vladimir Putin, tak ada seorang pun pemimpin Rusia yang mengambil langkah tersebut, termasuk Tsar ataupun Sekjen Komunis lain di Moskow.

2. Muslim Rusia Bagian Tak Terpisahkan dari Negara

Vladimir Putin pernah menghadiri sekaligus berbicara di KTT Organization of the Islamic Conference di Malaysia, tepatnya sekitar November 2003.

Mengutip laman Radio Liberty, saat itu Putin yang berstatus Presiden Rusia memberikan sambutan singkat. Dia menyebut bahwa jutaan muslim Rusia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari negara.

"Muslim Rusia adalah bagian yang tidak terpisahkan, utuh, dan aktif dari negara multietnis dan multi-denominasi Rusia,” ucap Putin.

Selain itu, Putin juga menyampaikan bahwa umat Muslim Rusia mendambakan lebih banyak kerja sama dengan dunia Islam internasional.

3. Menentang Penghinaan Terhadap Nabi Muhammad

Pada salah satu konferensi pers tahunannya pada 2021, Vladimir Putin menyampaikan bahwa penghinaan terhadap Nabi Muhammad bukanlah sebuah ekspresi kebebasan.

Mengutip laman TASS, menurut Putin, mereka yang menghina Nabi Muhammad telah melakukan pelanggaran kebebasan beragama dan pelanggaran perasaan terhadap pemeluk Islam.

Putin melanjutkan bahwa perilaku tersebut bisa memunculkan pembalasan ekstremis seperti yang terjadi pada serangan kantor majalah Charlie Hebdo di Paris karena menerbitkan kartun yang menghina Nabi Muhammad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)