Arab Saudi Larang Pasangan Kumpul Kebo, tapi Cristiano Ronaldo Dibolehkan

Rabu, 11 Januari 2023 - 14:48 WIB
loading...
Arab Saudi Larang Pasangan Kumpul Kebo, tapi Cristiano Ronaldo Dibolehkan
Arab Saudi melarang praktik pasangan kumpul kebo atau tinggal bersama tanpa menikah. Namun, ada pengecualian untuk Cristiano Ronaldo. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Kerajaan Arab Saudi menganut syariah atau hukum Islam yang ketat, termasuk melarang pasangan tinggal bersama tanpa ikatan pernikahan. Namun, Riyadh memberikan pengecualianpada bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo .

Pengecualian larangan "kumpul kebo" untuk Ronaldo itu dianggap bonus tambahan setelah dia membuat kesepakatan profil tinggi dengan klub Saudi Al Nassr dengan kontrak tunggal termahal dalam sejarah sepak bola.

Ronaldo (37) menandatangani kontrak dua setengah tahun pada akhir Desember dengan klub Al Nassr, tim Liga Pro Saudi, gaji tahunan yang dilaporkan mencapai ÂŁ175 juta per tahun.



Mitra jangka panjang Ronaldo, model Spanyol kelahiran Argentina Georgina Rodriguez, berada di sampingnya pada sambutan mewah minggu lalu. Rodriguez dan akan tinggal dengan Ronaldo di Riyadh bersama kelima anaknya, dua di antaranya dia miliki bersama Rodriguez.

Namun, awal masuknya Ronaldo ke kehidupan Arab Saudi datang dengan rintangan: hukum Islam yang ketat yang secara tegas melarang "kohabitasi tanpa akad pernikahan".

Tetapi menurut dua pakar hukum Arab Saudi yang berbicara dengan TYC Sports Spanyol, pemerintah Arab Saudi telah setuju untuk membuat pengecualian untuk Ronaldo dan Rodriguez karena intrik global dan peningkatan profil yang dibawa oleh penandatanganan antara Ronaldo dengan Al Nassr ke dunia sepak bola Saudi.

“Meskipun hukum kerajaan masih melarang kohabitasi tanpa akad nikah, pihak berwenang baru-baru ini mulai menutup mata dan tidak lagi menuntut siapa pun,” kata salah satu pakar tersebut.

“Meskipun undang-undang ini digunakan ketika ada masalah atau kejahatan," ujarnya, yang dilansir Russia Today, Rabu (11/1/2023).

Pakar yang lain menambahkan: “Saat ini otoritas Saudi tidak lagi ikut campur dalam masalah ini—untuk ekspatriat—meskipun undang-undang melarang hidup bersama tanpa menikah.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)