Tolak Kembalikan Senjata Pasokan Ukraina, Georgia Beri Alasan Menohok

Rabu, 11 Januari 2023 - 14:30 WIB
loading...
Tolak Kembalikan Senjata Pasokan Ukraina, Georgia Beri Alasan Menohok
Georgia menolak mengembalikan senjata yang dipasok Ukraina saat perang melawan Rusia tahun 2008. Alasannya, senjata itu tidak gratis tapi dibeli jutaan dolar. Foto/REUTERS
A A A
TBILISI - Ukraina menuduh Georgia, salah satu negara pecahan Uni Soviet, menolak mengembalikan senjata yang dipasok Kiev ke Tbilisi saat perang melawan Rusia tahun 2008.

Kementerian Pertahanan Georgia menjawab tuduhan itu dengan menyampaikan alasan yang menohok, yakni senjata itu dulu diterima tidak gratis melainkan melibatkan pembayaran jutaan dolar.

Senjata yang dimaksud adalah sistem anti-pesawat Buk. Menurut kementerian itu, senjata itu diperoleh Tbilisi dari Kiev sebagai bagian dari kesepakatan senjata rahasia.

Kementerian itu mengecam informasi yang salah yang disebarkan oleh para ahli atau media perihal kesepakatan sistem anti-pesawat Buk.

“Tampaknya Ukraina menyerahkan sistem pertahanan udara Buk ke Georgia secara gratis, itu tidak benar,” kata kementerian itu pada hari Selasa. "Georgia telah menerima sistem Buk pada tahun 2007 melalui pembelian jutaan dolar," lanjut kementerian tersebut.

“Ini dilakukan berdasarkan perjanjian rahasia, oleh karena itu kami tidak dapat memberikan lebih spesifik,” imbuh kementerian itu, seperti dikutip Russia Today, Rabu (11/1/2023).



Kementerian itu lebih lanjut mengonfirmasi posisi Georgia terkait perang Rusia dengan Ukraina. Menurutnya, Tbilisi menawarkan dukungan kemanusiaan dan diplomatik kepada Kiev, namun tidak dengan pengiriman senjata.

Georgia juga telah membayar puluhan juta dolar pada tahun 2017 untuk membeli sistem anti-tank Javelin dari Amerika Serikat (AS).

Jawaban Kementerian Pertahanan Georgia itu sebagai respons artikel yang diterbitkan di surat kabar Yevropeyskaya Pravda pada hari Senin, di mana Andrey Kasyanov—Kuasa Usaha Ukraina untuk Georgia—mengeklaim bahwa Tbilisi menolak untuk menyerahkan kembali sistem Buk, yang menurutnya dipindahkan oleh Kiev ke Georgia selama konfliknya dengan Rusia pada tahun 2008.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)