AS Bebaskan 'Ratu Kuba', Mata-mata Paling Merusak dalam Sejarah Amerika

Senin, 09 Januari 2023 - 09:47 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2002, Montes mengaku bersalah atas tuduhan spionase yang bisa membawa hukuman mati untuknya, namun akhirnya dijatuhi hukuman 25 tahun penjara di bawah kesepakatan pembelaan.

Menurut pengacaranya, Montes terutama termotivasi untuk jadi mata-mata Kuba dengan keyakinan bahwa orang Kuba diperlakukan tidak adil oleh pemerintah AS.

Mengomentari pembebasan Montes, senator garis keras dari Partai Republik, Marco Rubio, mendesak orang Amerika untuk mengingat agen ganda untuk siapa dia sebenarnya, menunjukkan bahwa dia tidak boleh dimaafkan, bahkan setelah menjalani hukumannya.

“Montes mengkhianati bangsa kita, tapi bukan demi uang. Nyatanya, dia tidak pernah menerima pembayaran atas tindakannya—yang mengherankan, dia murni dimotivasi oleh kebencian terhadap Amerika,” tulis Rubio dalam tulisan opini untuk Americano Media, yang dilansir Senin (9/1/2023).

Saat dibebaskan, Montes diatur untuk tetap di bawah pengawasan selama lima tahun, sesuai dengan hukumannya. Dia dilarang bekerja untuk pemerintah atau menghubungi "agen asing" tanpa izin khusus, sementara akses internet akan diawasi secara ketat oleh pihak berwenang.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)