Urutan Kemerdekaan Negara Mayoritas Muslim, Indonesia Setelah Lebanon

Sabtu, 07 Januari 2023 - 21:00 WIB
loading...
Urutan Kemerdekaan Negara Mayoritas Muslim, Indonesia Setelah Lebanon
Urutan Kemerdekaan Negara Mayoritas Muslim, Indonesia Setelah Lebanon. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Terdapat puluhan negara mayoritas muslim di dunia dengan tanggal kemerdekaan yang berbeda beda. Kebanyakan dari negara mayoritas muslim ini merupakan bekas jajahan negara Eropa seperti Prancis, Inggris dan Belanda.

Beberapa diantaranya terbentuk karena runtuhnya Kesultanan Ottoman. Berikut Urutan Kemerdekaan Negara Mayoritas Muslim dilansir dari thoughtco-com, lengkap dengan persentase penduduk beragama Islam.



1. Iran
Diketahui bahwa Iran bukanlah negara yang pernah dijajah, namun negeri ini terbentuk tahun 1502 atas runtuhnya Kekaisaran Persia, dan menjadi negara mayoritas muslim yang pertama.

Berdasarkan data dari laman state-gov, menurut perkiraan pemerintahan Iran pada tahun 2021, terdapat sekitar 99,4 % penduduk memeluk ajaran Islam. 90-95 % beraliran Syiah dan 5-10 % menganut aliran Sunni.

2. Oman
Oman yang terbentuk pada tahun 1650, sebelumnya sempat dikuasai oleh Dinasti Al Said. Pemerintah Oman tidaklah mempublikasikan statistik dan persentase agama yang dianut masyarakatnya.

Namun menurut World Population Review, terdapat sekitar 85,9 % penduduknya beragama Islam. Diperkirakan terdapat muslim Sunni lebih dari 50 % dan Muslim Ibadhi 45 %, sisanya adalah aliran Syiah.

3. Albania
Urutan berikutnya ada negara dari Eropa, yakni Albania yang merdeka pada 28 November 1912 setelah lepas dari jajahan Italia dan Jerman.

Muslim Sunni menjadi kelompok agama mayoritas di negara ini dengan persentase mencapai 57 % dari populasi. Posisi kedua dengan persentase 10 % diduduki oleh Katolik Roma.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)