Israel Bangun Tembok untuk Lindungi Jalan Raya Dekat Jalur Gaza

Sabtu, 07 Januari 2023 - 15:20 WIB
loading...
Israel Bangun Tembok untuk Lindungi Jalan Raya Dekat Jalur Gaza
Israel Bangun Tembok untuk Lindungi Jalan Raya Dekat Jalur Gaza. FOTO/Reuters
A A A
GAZA - Israel telah memulai pembangunan tembok beton untuk melindungi jalan raya dekat Jalur Gaza . Tembok itu dibangun untuk melindungi jalan tersebut dari rudal anti-tank.

Kementerian Pertahanan negara itu mengatakan pada Kamis (5/1/2023), bahwa pembangunan tembok sepanjang 4,6 kilometer yang berbatasan dengan Jalur Gaza bertujuan untuk melindungi kota-kota Israel dari serangan.



Seperti dilaporkan Arab News, pekerjaan telah dimulai pada proyek koridor keamanan di Jalur Gaza, yang bertujuan untuk memungkinkan pergerakan warga di saat darurat tanpa takut diserang.

Israel sebelumnya membangun tembok beton di sepanjang area terbuka pagar keamanan di Jalur Gaza utara setelah faksi Palestina melakukan operasi menggunakan rudal Kornet yang menargetkan kendaraan militer Israel pada 2019.

Tembok beton terintegrasi dengan teknologi pintar, dengan biaya sekitar 100 juta shekel (USD27,8 juta), dan dibangun di sepanjang rel kereta api untuk melindungi kereta api dari militan Palestina.

Pejuang Palestina juga menggunakan terowongan untuk memasuki wilayah yang berada di bawah kendali Israel, terutama selama perang tahun 2014 yang berlangsung selama lebih dari 50 hari. Rudal anti-tank juga telah ditembakkan ke kendaraan Israel selama berbagai putaran eskalasi.



Pembangunan tembok bawah tanah pada tahun 2017 melibatkan lebih dari 1.200 pekerja dengan biaya USD1,2 miliar. Dinding beton di atas tanah mencakup puluhan menara kontrol serta ratusan kamera, perangkat pemantauan dan alarm. Tembok itu juga memanjang beberapa kilometer ke laut, dan diawasi melalui ruang kontrol dan operasi yang mensimulasikan manuver ofensif dan infiltrasi.

Sebuah sumber yang dekat dengan sayap militer Hamas, yang menolak mengungkapkan identitasnya, mengatakan kepada Arab News bahwa pengeluaran besar Israel untuk tembok keamanan merupakan kerugian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)