Langka, Pendukung Fatah Rayakan Hari Jadi di Gaza yang Dikuasai Hamas

Minggu, 01 Januari 2023 - 14:03 WIB
loading...
Langka, Pendukung Fatah Rayakan Hari Jadi di Gaza yang Dikuasai Hamas
Para pendukung kelompok Fatah merayakan hari jadinya di Jalur Gaza yang dikuasai kelompok Hamas. Foto/New Arab
A A A
GAZA - Ribuan orang di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas menggelar salah satu perayaan terbesar dalam beberapa tahun untuk kelompok pesaing mereka Fatah pada Sabtu.

Para demonstran mengubah alun-alun al-Katiba Kota Gaza menjadi lautan kuning saat mereka mengibarkan bendera Fatah untuk menandai ulang tahun ke-58 partai tersebut.

Demonstrasi Fatah dalam skala ini jarang terjadi di Gaza selama satu setengah dekade terakhir.

Fatah berselisih dengan Hamas sejak gerakan Islamis itu menang telak dalam pemilihan parlemen Palestina pada 2006, tetapi gagal membentuk pemerintahan yang dapat diterima masyarakat internasional.



Tahun berikutnya, gerakan Islamis itu merebut kendali atas Jalur Gaza yang memulai tahun-tahun pembagian, dengan Fatah mengelola wilayah Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Dalam pidatonya kepada orang banyak, pemimpin Fatah di Jalur Gaza, Ahmed Helles, menyerukan rekonsiliasi antara faksi-faksi yang bersaing setelah pengambilan sumpah pemerintah paling kanan dalam sejarah Israel pada Kamis lalu.

Helles mengatakan koalisi baru yang dipimpin oleh hawkish veteran Benjamin Netanyahu akan pergi karena pemerintah rasis lainnya telah pergi dan orang-orang kami akan tetap ada.

"Waktunya telah tiba untuk mencapai rekonsiliasi nasional," seru Helles seperti dikutip dari France 24, Minggu (1/1/2023).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)