Keluarga Tentara Rusia yang Tewas dalam Perang Ukraina Diberi Santunan Rp1 Miliar

Rabu, 04 Januari 2023 - 13:30 WIB
loading...
Keluarga Tentara Rusia yang Tewas dalam Perang Ukraina Diberi Santunan Rp1 Miliar
Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan dekrit santunan bagi tentara Rusia yang tewas dalam perang di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin Selasa menandatangani keputusan untuk membayar 5 juta Rubel (Rp1 miliar) sebagai bantuan kepada keluarga tentara Rusia yang tewas dalam perang di Ukraina .

Seperti dilaporkan Anadolu Agency, Rabu (4/1/2023), dekrit tersebut, yang mencakup jaminan sosial tambahan untuk tentara Rusia, pasukan keamanan dan keluarga mereka, dipublikasikan di situs Badan Informasi Hukum Rusia.



Sementara itu, 3 juta rubel (USD41.300) akan dibayarkan kepada tentara yang terluka atau mengalami trauma selama perang. Keputusan, yang mulai berlaku pada tanggal ditandatangani, akan mencakup keluarga tentara yang kehilangan nyawa dan mereka yang terluka pada 24 Februari, ketika perang Rusia-Ukraina dimulai.

Sementara itu, sebuah kelompok patriotik yang kurang dikenal, yang mendukung para janda tentara Rusia telah meminta Presiden Vladimir Putin untuk memerintahkan mobilisasi besar-besaran jutaan orang dan menutup perbatasan untuk memastikan kemenangan di Ukraina.

Putin berada di bawah tekanan kuat untuk memberikan kemenangan di Ukraina, lebih dari 10 bulan sejak dia mengirim pasukan sebagai bagian dari operasi yang katanya dimaksudkan untuk membela Rusia di Ukraina timur.



"Kami meminta Presiden kami, Vladimir Vladimirovich Putin, untuk mengizinkan Angkatan Darat Rusia melakukan mobilisasi skala besar," kata kelompok Janda Tentara Rusia dalam sebuah posting di Telegram, seperti dikutip dari Reuters.

"Kami meminta Presiden kami, Panglima Tertinggi kami, untuk melarang kepergian pria usia militer dari Rusia. Dan kami memiliki hak moral penuh untuk melakukan ini: suami kami meninggal melindungi orang-orang ini, tetapi siapa yang akan melindungi kami jika mereka kabur?" lanjut pernyataan itu.

Setelah memerintahkan apa yang dia sebut sebagai "mobilisasi parsial" pada 21 September, yang pertama di Rusia sejak Perang Dunia Kedua, sekitar 300.000 orang tambahan direkrut, meskipun beberapa ratus ribu lebih orang Rusia melarikan diri ke luar negeri untuk menghindari panggilan.



Kremlin tidak segera menanggapi permintaan komentar atas permohonan dari kelompok janda tersebut. Putin sendiri mengatakan bulan lalu, bahwa tidak perlu ada mobilisasi tambahan.

Seorang perwakilan dari kelompok janda mengatakan kepada Reuters bahwa semua pria Rusia yang sehat harus dimobilisasi untuk membela Tanah Air. "Perang yang akan datang akan membutuhkan sumber daya yang sangat berbeda: manusia, psikologis, ekonomi. Melindungi Tanah Air adalah kewajiban," ujarnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)