Penasihat WHO Serukan China Serahkan Data Realistis Covid-19

Selasa, 03 Januari 2023 - 23:24 WIB
loading...
A A A
Pertemuan kelompok adalah komite ahli internasional yang telah berkumpul selama pandemi, dan secara teratur menerima pengarahan dari negara-negara yang mengalami gelombang besar infeksi atau varian baru.

Koopmans mengatakan mereka hanya melihat "sebagian kecil" dari kasus China yang diurutkan sejauh ini - sekitar 700 - dan menyerukan pembentukan jaringan pengawasan global untuk melacak SARS-CoV-2.



"Saat ini, apa yang kami dapatkan sangat tidak merata, tetapi itu juga menjadi kenyataan di belahan dunia lain," katanya.

Bulan lalu, Reuters melaporkan bahwa WHO belum menerima data dari China tentang rawat inap Covid-19 yang baru sejak Beijing mencabut kebijakan nol-Covidnya, mendorong beberapa ahli kesehatan untuk mempertanyakan apakah mungkin menyembunyikan informasi tentang tingkat wabahnya.

De Oliveira mengkritik pengenaan pembatasan perjalanan oleh beberapa negara terhadap China, sesuatu yang dialami Afrika Selatan setelah mengingatkan dunia akan varian Beta dan Omicron.

"Satu hal yang harus kita lakukan tiga tahun setelah pandemi adalah belajar dari kesalahan kita... Untuk mendorong suatu negara berbagi lebih banyak data, cara terbaik adalah mendukung mereka dan tidak mendiskriminasi mereka dengan pembatasan yang membatasi perjalanan," katanya.

Sementara itu seorang juru bicara WHO mengatakan bahwa "diskusi terperinci" diharapkan tentang varian yang beredar di China, dan secara global, dengan ilmuwan China diharapkan untuk membuat presentasi.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)