Presiden Venezuela Bersedia Normalkan Hubungan dengan Amerika

Selasa, 03 Januari 2023 - 03:30 WIB
loading...
Presiden Venezuela Bersedia Normalkan Hubungan dengan Amerika
Presiden Venezuela Bersedia Normalkan Hubungan dengan Amerika. FOTO/Reuters
A A A
CARACAS - Presiden Venezuela , Nicolas Maduro , mengatakan dia bersedia bekerja untuk menormalisasi hubungan dengan Amerika Serikat (AS). Maduro mau melakukan hal itu, meskipun sanksi terus melumpuhkan negaranya.

“Venezuela siap, benar-benar siap, untuk mengambil langkah menuju proses normalisasi hubungan diplomatik, konsuler, dan politik dengan pemerintahan Amerika Serikat saat ini dan dengan pemerintahan yang akan datang,” kata Maduro, Minggu (1/1/2023), dalam wawancara yang disiarkan di Venezuelan televisi negara.



Pernyataan Maduro muncul setelah oposisi negara Amerika Selatan itu memilih untuk membubarkan "pemerintahan sementara" yang dipimpin oleh Juan Guaido, yang telah diakui oleh banyak negara, termasuk AS.

Maduro memutuskan hubungan dengan Washington pada 2019, ketika pemerintahan Presiden Donald Trump saat itu mengakui Guaido sebagai "presiden sementara" Venezuela. Sebelumnya, AS meluncurkan serangkaian sanksi terhadap Venezuela, termasuk embargo minyak, untuk memaksa Maduro lengser.



"Kami siap untuk dialog di tingkat tertinggi, untuk hubungan saling menghormati, dan saya berharap seberkas cahaya datang ke Amerika Serikat, mereka akan membalik halaman dan mengesampingkan kebijakan ekstremis mereka dan datang ke kebijakan yang lebih pragmatis dengan hormat ke Venezuela," lanjut Maduro.

Pada hari Jumat, oposisi Venezuela memilih untuk membubarkan pemerintah sementara yang dipimpin oleh Juan Guaido, yang menyatakan dirinya sebagai presiden sementara pada tahun 2019 untuk menggulingkan Presiden Maduro yang terpilih kembali dan mendapat dukungan dari banyak negara Amerika Latin dan Barat, terutama AS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)