Putin Janji Tak Akan Biarkan Barat Gunakan Ukraina untuk Melemahkan Rusia

Sabtu, 31 Desember 2022 - 19:54 WIB
loading...
Putin Janji Tak Akan Biarkan Barat Gunakan Ukraina untuk Melemahkan Rusia
Presiden Vladimir Putin berjanji tidak akan membiarkan Barat menggunakan Ukraina untuk melemahkan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin menuduh Barat telah menggunakan Ukraina untuk memecah dan melemahkan Rusia .

“Barat menggunakan rakyat Ukraina untuk memecah belah Rusia dan melemahkannya; kami tidak akan pernah membiarkan itu terjadi,” kata Putin dalam pidato Tahun Baru 2023 untuk rakyatnya pada hari Sabtu (31/12/2022), seperti dikutip Sputnik.

Dia mengeklaim bahwa moral dan kebenaran sejarah ada di pihak Rusia.



Tuduhan Putin muncul setelah dia pada pekan lalu menungkap bahwa Rusia terbuka untuk dialog dengan semua pihak mengenai penyelesaian damai atas konflik di Ukraina. Namun, menurutnya, pihak Kiev dan sekutu Baratnya yang menolak untuk bernegosiasi.

"Kebijakan lawan geopolitik kita, yang bertujuan untuk memecah belah Rusia, adalah akar dari konflik Ukraina," kata Putin.

Rusia menolak menggunakan narasi perang atas tindakannya di Ukraina dan memilih narasi "operasi militer khusus". Putin menggarisbawahi bahwa Rusia melakukan hal yang benar di Ukraina.

“Saya pikir kami bertindak ke arah yang benar: kami melindungi kepentingan nasional kami, kepentingan warga negara kami, rakyat kami. Dan kami tidak punya pilihan selain melindungi warga negara kami,” katanya.

Pada hari yang sama, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyampaikan pesan Tahun Baru 2023 untuk tentara Moskow. Dalam pesannya, dia menegaskan bahwa kemenangan militer Rusia atas Ukraina tak terelakkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)