Rusia Sangat Prihatin atas Jatuhnya Rudal S-300 Ukraina di Belarusia

Jum'at, 30 Desember 2022 - 19:07 WIB
loading...
Rusia Sangat Prihatin atas Jatuhnya Rudal S-300 Ukraina di Belarusia
Rudal S-300 Ukraina yang jatuh di wilayah Belarusia setelah ditembak pasukan Minsk karena menerobos wilayah udara Belarusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia mengatakan pada hari Jumat (30/12/2022) bahwa pihaknya sangat prihatin dengan rudal anti-pesawat S-300 Ukraina yang ditembak jatuh setelah terbang ke wilayah udara sekutu dekatnya; Belarusia, pada hari Kamis.

Kementerian Pertahanan Belarusia mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukan pertahanan udaranya telah menembak jatuh rudal permukaan-ke-udara S-300 Ukraina di dekat desa Harbacha di wilayah Brest, sekitar 15 kilometer dari perbatasan Belarusia-Ukraina.

Itu terjadi ketika Rusia menembakkan lusinan rudal ke kota-kota di seluruh Ukraina dalam salah satu gelombang serangan besar dalam konflik tersebut.

"Ini adalah insiden yang menyebabkan keprihatinan ekstrem, tidak hanya bagi kami, tetapi juga mitra Belarusia kami," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan dalam komentar publik pertama Moskow tentang insiden tersebut, seperti dikutip Reuters.



S-300 adalah sistem pertahanan udara era Soviet yang digunakan oleh Rusia dan Ukraina. Pada bulan November, sebuah rudal diyakini telah tersesat setelah ditembakkan oleh sistem pertahanan udara S-30 Ukraina—juga selama serangan rudal besar-besaran Rusia—mendarat di wilayah Polandia yang merupakan anggota NATO, memicu kekhawatiran akan eskalasi yang dengan cepat dijinakkan.

Belarusia mengizinkan Moskow untuk menggunakan wilayahnya pada Februari sebagai pos persiapan untuk pasukan dan peralatan Rusia pada awal apa yang disebut Rusia sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina.

Ada juga aktivitas militer Moskow dan Minsk yang meningkat di Belarusia dalam beberapa bulan terakhir.

Peskov pada hari Jumat menekankan hubungan militer yang erat antara kedua negara, dengan mengatakan bahwa kedua negara terus berdialog dan berkoordinasi terus-menerus.

Minsk, bagaimanapun, bersikeras bahwa ia tidak berpartisipasi dalam konflik di Ukraina, dan tidak akan berpartisipasi kecuali keamanannya sendiri terancam oleh Ukraina atau sekutu Barat Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)