5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia

Kamis, 29 Desember 2022 - 19:31 WIB
loading...
5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia
Anggota Tim Operasi Khusus Garda Nasional Siprus dan US Navy SEAL berpartisipasi dalam pelatihan militer bersama di Limassol, Siprus, 10 September 2021. Foto/REUTERS/Yiannis Kourtoglou
A A A
WASHINGTON - Setiap negara mempunyai pasukan khusus di dunia militer, salah satunya adalah Amerika Serikat. Pasukan elite tersebut mengemban tugas operasi khusus hingga rahasia.

Diketahui, Amerika Serikat termasuk negara dengan kemampuan militer terkuat. Berikut 5 pasukan elite Amerika Serikat.

1. Delta Force

Delta Force atau The 1st Special Forces Operational Detachment-Delta (1st SFOD-D) adalah unit pasukan khusus Angkatan Darat Amerika Serikat.

5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia


Pasukan khusus ini dibentuk pada 1977 oleh Charlie Beckwith, perwira dari Baret Hijau dan veteran perang Amerika di Vietnam.

Pasukan yang telah melalui banyak perubahan nama ini ada di bawah kendali operasional Komando Operasi Khusus Gabungan.

Misi pasukan adalah melaksanakan kontra-terorisme, penyelamatan sendera, misi aksi langsung, misi rahasia yang bekerja sama dengan CIA, hingga layanan perlindungan tingkat tinggi.

Terdapat sejumlah misi yang pernah dilakukan oleh Delta Force, namun tidak dikonfirmasi oleh pihak Amerika Serikat, di antaranya adalah invasi ke Grenada, invasi ke Panama, Perang Teluk 1 dan 2, Perang Kartel Kolombia, dan Perang Bosnia.

2. FAST

FAST (Fleet Anti-terrorism Security Team) berada di bawah Resimen Pasukan Keamanan yang menyediakan pasukan keamanan khusus serta anti-terorisme yang terdiri dari Marinir Pasukan Keamanan.

5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia


FAST didirikan pada 1987. Biasanya marinir menjaga berbagai instalasi seperti pangkalan Angkatan Laut. Marinir Fast mempunyai pekerjaan yang spesifik dan khusus.

Para marinir terlatih ditempatkan di seluruh dunia untuk melayani keamanan di lembaga pemerintah Amerika Serikat, seperti kantor kedutaan di negara lain.

Bila fasilitas tersebut tengah berada dalam ancaman, maka FAST mulai menjalankan aksinya.

3. Green Berets

Green Berets mempunyai nama resmi The United States Army Special Forces. Nama Green Berets berasal dari warna topi yang dikenakan.

5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia


Pasukan khusus Amerika Serikat ini telah melakukan beragam tugas penting, antara lain kontra-pemberontakan, kontra-terorisme hingga perang. Pasukan Green Berets terbentuk pada 9 April 1987. Green Berets banyak diterjunkan di wilayah bahaya dan konflik di dunia. Misi yang pernah dijalankan Green Berets adalah operasi gabungan konflik Afghanistan, Irak, dan Lebanon.

4. Navy Seal

Navy Seal adalah pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat. Para personelnya terlatih dan mahir bertempur di laut, darat hingga udara.

5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia


Personel Navy Seal mahir melaksanakan serangan penghancuran bawah air serta combat swimmer. Saat melaksanakan misi tempur di udara, para personel dapat terjun dari ketinggian lebih 10.000 kaki.

Lalu, saat berada di darat, pasukan dapat bertempur di medan ekstrem. Presiden Amerika Serikat John F Kennedy disebut mempunyai peran dalam pembentukan Navy Seal.

Pada Mei 1961, pasukan Navy Seal mulai aktif menjalankan misi khusus sesuai harapan Kennedy. Operasi penting yang pernah dilakukan Navy Seal adalah Red Wing, Just Cause Operation, hingga berhasil membunuh teroris Osama bin Laden.

5. Night Stalker

Pasukan elite Night Stalker terdiri dari pilot dan prajurit yang terlatih dalam mengoperasikan helikopter pengangkutan pasukan serta peralatannya.

5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia


Mereka menerbangkan pasukan reguler serta misi yang melibatkan pasukan khusus. Night Stalkers diisi oleh penerbang terbaik di Angkatan Darat Amerika Serikat.

Dalam menjalankan tugas, Night Stalkers mempunyai kesiapsiagaan yang tinggi serta siap untuk ditugaskan ke mana saja.

Sesuai namanya, Night Stalker mempunyai keahlian serta spesialisasi dalam melakukan misi di tengah kegelapan. Pasukan Night Stalkers memiliki sejumlah helikopter canggih yang sudah dimodifikasi secara khusus.

Pasukan ini dibentuk pada 1981. Night Stalker pernah terlibat dalam berbagai misi, seperti Perang Teluk I, Operasi Gothic Serpent, serta Operasi Iraqi Freedom.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)