Tentara Serbia Siap Tempur di Tengah Ketegangan dengan Kosovo

Selasa, 27 Desember 2022 - 20:41 WIB
loading...
Tentara Serbia Siap Tempur di Tengah Ketegangan dengan Kosovo
Tentara Serbia duduk di atas kendaraan lapis baja di perlintasan perbatasan Batrovci Serbia dengan Bajakovo Kroasia. Foto/REUTERS
A A A
BEOGRADE - Serbia menempatkan tentara dan polisinya dalam siaga tinggi di tengah kebuntuan yang memanas antara Beograd dan wilayah Kosovo yang memisahkan diri.

Para pejabat mengatakan personel angkatan bersenjata siap campur tangan untuk membela penduduk Serbia di wilayah Kosovo.

“Presiden Serbia, sebagai panglima tertinggi, telah memerintahkan malam ini agar Angkatan Bersenjata Serbia berada pada tingkat kesiapan tempur tertinggi, yang berarti kesiapan menggunakan potensi bersenjata mereka,” ungkap Menteri Pertahanan Milos Vucevic kepada kantor berita Tanjug pada Senin (26/12/2022).

Dia menambahkan, pemerintah akan memastikan “semua langkah diambil untuk melindungi rakyat Serbia di Kosovo.”



Kosovo sebagian besar dihuni etnis Albania, tetapi memiliki mayoritas Serbia di wilayah utara. Serbia menarik pasukannya dari Kosovo pada tahun 1999 setelah NATO campur tangan mendukung pemberontakan bersenjata lokal Albania, membom Beograd dan kota-kota Serbia lainnya.

Penjaga perdamaian NATO sejak itu dikerahkan ke wilayah Kosovo, yang akhirnya mendeklarasikan kemerdekaan dari Beograd pada 2008.

Serbia masih menganggap Kosovo sebagai bagian dari wilayahnya sendiri.



Ketegangan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir karena pihak berwenang Kosovo menuntut agar komunitas Serbia hanya menggunakan pelat nomor yang dikeluarkan Kosovo daripada yang dikeluarkan Beograd.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)