Balas Kim Jong-un, Korea Selatan Kirim Drone ke Langit Korea Utara

Selasa, 27 Desember 2022 - 13:51 WIB
loading...
Balas Kim Jong-un, Korea Selatan Kirim Drone ke Langit Korea Utara
Balas serbuan lima drone rezim Kim Jong-un, Korea Selatan kirim drone ke langit Korea Utara. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) mengirim pesawat tak berawak (drone) melintasi perbatasan ke langit Korea Utara (Korut) untuk pertama kalinya pada hari Senin.

Langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya itu sebagai pembalasan setelah rezim Kim Jong-un mengirim lima drone ke wilayah udara Korsel.

Serbuan lima drone Korut sempat menghentikan penerbangan lepas landas di bandara utama dekat Seoul. Itu terjadi ketika Kim Jong-un membuka pertemuan politik besar untuk menetapkan kebijakan keamanan, ekonomi dan politik untuk tahun mendatang, sebagaimana dilaporkan KCNA, Selasa (27/12/2022).



Kim Jong-un telah menghabiskan waktu sepanjang tahun lalu untuk meningkatkan persenjataan atomnya, tidak menunjukkan minat untuk kembali ke pembicaraan perlucutan senjata nuklir yang telah terhenti selama tiga tahun.

Rezim Kim Jong-un mengirim lima drone melintasi perbatasan pada hari Senin, pertama kali dalam lebih dari lima tahun.

Drone pertama melintasi perbatasan pada pukul 10.25 dan kembali setelah terbang sekitar tiga jam. Empat lagi, kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel, terdeteksi pada Senin sore dan kemudian menghilang dari radar.

Kantor berita Yonhap melaporkan drone Korut mungkin datang ke daerah Seoul untuk mengambil foto kantor kepresidenan.

Militer Korea Selatan mengatakan pihaknya menanggapi dengan mengerahkan jet tempur dan helikopter militer. Menurut laporan Yonhap, militer Seoul melepaskan sekitar 100 tembakan ke pesawat tak berawak Korut yang memasuki wilayah udara Korseal di dekat pulau pesisir barat.

Korsel kemudian mengerahkan aset pengintaian berawak dan tak berawak ke daerah yang dekat dengan perbatasan dan masuk ke wilayah udara Korea Utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)