Menlu China Isyaratkan Hubungan Lebih Dalam dengan Rusia

Minggu, 25 Desember 2022 - 21:40 WIB
loading...
Menlu China Isyaratkan Hubungan Lebih Dalam dengan Rusia
Menlu China Isyaratkan Hubungan Lebih Dalam dengan Rusia. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Menteri Luar Negeri China Wang Yi membela apa yang dia katakan sebagai posisi ketidakberpihakan negaranya dalam perang di Ukraina. Ia juga mengisyaratkan bahwa China akan memperdalam hubungan dengan Rusia di tahun mendatang.

Wang, berbicara melalui video ke sebuah konferensi di ibu kota China, juga menyalahkan Amerika atas memburuknya hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia. Ia mengatakan bahwa China telah "dengan tegas menolak kebijakan China yang salah dari Amerika Serikat."



Seperti dilaporkan AP, Wang mengatakan, China akan memperdalam rasa saling percaya strategis dan kerja sama yang saling menguntungkan dengan Rusia. Kapal perang dari kedua negara mengadakan latihan Angkatan Laut bersama di Laut China Timur, pekan lalu.

“Sehubungan dengan krisis Ukraina, kami secara konsisten menjunjung tinggi prinsip-prinsip dasar objektivitas dan ketidakberpihakan, tanpa memihak salah satu pihak, atau menambahkan bahan bakar ke dalam api, apalagi mencari keuntungan egois dari situasi tersebut,” kata Wang dalam sambutannya.

Bahkan, ketika China telah menemukan titik temu dengan Rusia karena keduanya berada di bawah tekanan Barat, masa depan ekonominya tetap terikat pada pasar dan teknologi Amerika dan Eropa.

Pemimpin Xi Jinping mendorong industri Tiongkok untuk menjadi lebih mandiri, tetapi Wang mengakui bahwa pengalaman telah menunjukkan “bahwa Tiongkok dan Amerika Serikat tidak dapat memisahkan atau memutuskan rantai pasokan.”



Dia mengatakan bahwa China akan berusaha untuk mengembalikan hubungan dengan AS. Akhir pekan lalu, Wang dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara melalui telepon. Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa Blinken membahas perlunya mengelola hubungan AS-China secara bertanggung jawab dan mengemukakan kekhawatiran tentang perang Rusia melawan Ukraina dan ancaman yang ditimbulkannya terhadap keamanan global dan stabilitas ekonomi.

Wang menuduh AS melakukan "penindasan sepihak" dan mengatakan bahwa China akan terus memainkan peran konstruktif dalam menyelesaikan krisis Ukraina dengan caranya sendiri, kata pernyataan Kementerian Luar Negeri China.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)