Menlu Wang Yi Peringatkan Blinken: AS Menikam China dari Belakang!

Minggu, 25 Desember 2022 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Menurut pihak China, Blinken menegaskan kembali rasa hormat Washington terhadap kebijakan Satu-China dan mengatakan AS "tidak mendukung 'kemerdekaan' Taiwan."

“Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang masalah Ukraina. Wang Yi menekankan China selalu mendukung perdamaian,” papar Kemlu China.

Departemen Luar Negeri AS juga merilis pembacaan bungkam dari pembicaraan tersebut, hanya menyatakan Blinken telah “membahas perlunya mempertahankan jalur komunikasi terbuka dan mengelola secara bertanggung jawab” hubungan bilateral.

AS juga mengatakan diplomat utamanya "mengangkat kekhawatiran tentang perang Rusia melawan Ukraina dan ancaman yang ditimbulkannya terhadap keamanan global dan stabilitas ekonomi" selama panggilan telepon.

Selama beberapa tahun terakhir, hubungan China-AS telah diganggu berbagai masalah, dengan masalah Taiwan tetap menjadi masalah utama.

Meski secara resmi mengikuti kebijakan Satu-China dan mengakui kedaulatan Beijing atas pulau itu, Washington secara aktif bekerja sama dengan Taipei.

Kunjungan pejabat senior AS ke Taiwan, serta kerja sama militer yang berkembang pesat antara Taipei dan Washington, telah berulang kali menimbulkan keberatan dari Beijing, yang melihat kegiatan seperti itu sebagai campur tangan dalam urusan dalam negerinya.

Taiwan secara de-facto merdeka sejak 1949 ketika pihak yang kalah dalam Perang Saudara China pindah ke pulau itu dan mendirikan pemerintahannya sendiri di sana.

China menganggap pulau itu sebagai bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayahnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)