Mengenal Palau, Negara Tetangga Indonesia yang Jarang Ada yang Tahu

Jum'at, 23 Desember 2022 - 12:07 WIB
loading...
Mengenal Palau, Negara Tetangga Indonesia yang Jarang Ada yang Tahu
Gugusan pulau di Palau. Foto/news.com.au
A A A
NGERULMUD - Republik Palau atau yang biasa dikenal dengan palauan merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang mungkin jarang diketahui publik.

Hal tersebut lantaran negara itu belum lama meraih kemerdekaan.

Palauan memperoleh kemerdekaan dari Amerika Serikat (AS) pada tahun 1994. Republik ini berada di bagian barat Samudra Pasifik atau terletak tepat di sebelah utara pulau-pulau Provinsi Papua Barat, Indonesia.

Negara ini memiliki sekitar 200 pulau, namun hanya 8 pulau saja yang telah dihuni secara permanen.

Dari jumlah keseluruhan pulau memiliki luas wilayah sekitar 177 mil persegi atau 458 kilometer persegi. Dengan adanya luas tersebut maka, luas negara ini hanya setengah dari Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Selain kondisi wilayah yang cukup unik, untuk mengenal lebih dekat negara palauan maka perlu dilihat dari sisi sosial ekonomi dan budayanya.

Kondisi Sosial Budaya

Konstitusi nasional Palau diratifikasi pada tahun 1981. Presiden dan wakil presiden adalah pejabat terpilih yang diakui tertinggi dan tidak ada partai politik. Ibedul dari Koror dan Reklai dari Melekeok terus diakui sebagai kepala pemerintahan tertinggi.

Kehidupan masyarakat baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesamaan, atau mengesampingkan gender. Penempatan gender di negara ini hanya berlaku pada suatu jabatan politik nasional

Warga negara di Palauan bisa dikatakan sebagai warga negara yang berpendidikan, sebab warga negaranya sudah berprofesi sebagai manajer, pengacara dokter dan hakim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)