Pesawat Soyuz MS-22 Rusak, Tak Bisa Diperbaiki di Stasiun Luar Angkasa

Rabu, 21 Desember 2022 - 12:28 WIB
loading...
Pesawat Soyuz MS-22 Rusak, Tak Bisa Diperbaiki di Stasiun Luar Angkasa
Pesawat luar angkasa Soyuz MS-22 berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/nasa
A A A
MOSKOW - Tidak mungkin memperbaiki kerusakan sistem pendingin pesawat luar angkasa Soyuz MS-22 yang berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), saat berada di orbit.

“Soyuz telah kehilangan 44 liter refrigeran, yang berada di bawah tekanan 3 atmosfer,” ungkap seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut pada Sputnik.

Kebocoran pada sistem pendingin Soyuz MS-22 terjadi pekan lalu akibat rusaknya kulit luar pesawat ruang angkasa itu.

Para kosmonot melaporkan ke ground control bahwa sistem diagnostik Soyuz telah dipicu dan memastikan mereka mengamati kebocoran secara visual.



Karena insiden tersebut, perjalanan antariksa kosmonot Rusia Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin harus dibatalkan.

Badan antariksa milik negara Rusia Roscosmos mencatat semua pesawat luar angkasa dan sistem ISS bekerja normal, awaknya aman, dan para ahli akan menentukan apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah menganalisis situasinya.

"Tidak mungkin memperbaiki kerusakan seperti itu dalam kondisi Stasiun Luar Angkasa Internasional. Bahkan jika Anda menutup kebocoran selama berjalan di luar angkasa, bagaimana Anda bisa memompa 44 liter refrigeran ke dalam radiator di bawah tekanan 3 atmosfer? Selain itu, pengatur suhu sistem harus menjalani uji tekanan khusus sesudahnya, yang pada prinsipnya tidak dapat dilakukan di orbit," ujar sumber tersebut.



Dia menambahkan, spesialis Roscosmos telah berhasil mempertahankan suhu yang nyaman di ruang hidup Soyuz MS-22 dengan mematikan sistemnya dan memasok udara dingin dari ISS segmen Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2676 seconds (0.1#10.140)